4 Tipe Belajar: Ciri-Ciri hingga Cara Mengembangkannya


Pernah merasa kesusahan mencerna pelajaran? Materi rasanya susah nempel di otak padahal sudah dipelajari berulang-ulang? 

SahabatKK, penting bagi kita untuk mengenal kemampuan kita menyerap pelajaran dengan mengenali tipe belajar kita sendiri. Jangan langsung pesimis ketika dapat nilai yang kurang memuaskan, karena bisa saja kamu belum menemukan tipe belajar yang cocok untuk kamu! Setiap orang itu unik, sehingga sudah sewajarnya tiap orang memiliki tipe belajar yang bervariasi. PR kita adalah memahami dan mengembangkan diri, salah satunya dengan mengenali tipe belajar untuk memaksimalkan waktu belajar dengan efisien.

Secara preferensi, cara belajar dibagi menjadi 4 tipe, yaitu tipe belajar visual, auditori, kinestetik, dan membaca/menulis. Berikut pembahasannya:


1. Tipe belajar visual

Untuk kamu yang lebih suka melihat atau mengamati suatu gambar, diagram, petunjuk tertulis, dan semacamnya, mungkin kamu termasuk dalam tipe belajar visual. Tipe ini juga bisa disebut tipe spasial, di mana orang dengan tipe belajar visual/spasial dapat lebih mudah mencerna pelajaran yang dipresentasikan secara visual, sehingga nggak jarang catatan mereka diisi dengan *doodle* dan biasanya dihias agar nyaman dilihat. Cara mengembangkan tipe belajar ini adalah dengan memberikan atau mengaitkan suatu penjelasan dengan gambar. Materi yang kamu dapat bisa dikemas ulang menggunakan diagram, gambar, atau semacamnya untuk menunjang proses belajar kamu.

2. Tipe belajar auditori 

Untuk kamu yang lebih mudah menangkap informasi melalui suara, semisalkan ketika guru tengah menjelaskan, maka kamu adalah tipe belajar auditori. Mereka dengan tipe belajar ini lebih cocok mendengarkan daripada membuat catatan, dan biasanya lebih mudah memahami materi ketika materi tersebut diucapkan ulang oleh mereka dengan interpretasi serta tambahan ide dan konsep dari diri sendiri. Orang dengan tipe belajar auditori umumnya tidak takut untuk menjelaskan secara verbal, tetapi cenderung lambat ketika membaca. Cara mengembangkan tipe belajar ini adalah dengan merekam penjelasan guru atau mencari materi terkait di kanal Youtube atau *platform* lain yang menyediakan suara. Berpartisipasi di diskusi kelompok juga berguna agar orang dengan tipe belajar auditori dapat mengulang pemahamannya dan memahami apa yang dijelaskan oleh teman-temannya.

3. Tipe belajar kinestetik

Untuk kamu yang lebih cocok dengan praktek langsung dan menginginkan pengalaman nyata dalam melakukan sesuatu, maka kamu termasuk dalam tipe belajar kinestetik. Mereka dengan tipe belajar ini lebih mudah memahami konsep jika terlibat langsung dan cenderung tidak suka duduk diam. Cara mengembangkan tipe belajar kinestetik adalah dengan tetap bergerak. Jika ada adegan atau materi yang bisa dipahami dengan cara bergerak, maka lebih baik mereka bergerak agar semakin paham dan hafal di otak. Bergerak dalam konteks ini pun tidak harus spesifik, bisa dilakukan dengan gerakan sederhana seperti mondar-mandir, menggerakkan jari, atau bahkan membuat gerakan khusus sendiri agar mereka merasa telah belajar secara fisik sehinga lebih mudah menyusun ide dan konsep dalam kepala.

4.  Tipe belajar membaca/menulis

Untuk kamu yang lebih senang dengan materi tertulis, mungkin ini tipe belajar kamu. Tipe belajar ini lebih mudah memahami suatu konsep melalui menulis, membaca artikel atau buku, atau mencari kata melalui kamus atau internet. Cara mengembangkan tipe belajar ini adalah dengan menulis ulang materi, menulis esai, atau banyak membaca. Dengan membaca kamu bisa memahami konsep dan dengan menulis kamu bisa mengasah pemahaman kamu lebih lanjut.

Tentunya tiap orang memiliki tipe belajar yang berbeda-beda dan tidak selalu sesuai dengan apa yang dikatakan di internet. Namun,  memahami tentang apa yang cocok dan membuat kamu nyaman juga merupakan suatu kunci belajar yang efisien. Dengan mengenal tipe belajar, kamu bisa mengatur waktu belajar kamu dengan lebih efisien.

Yuk, ikuti terus http://yayasankhouwkalbe.org untuk tahu informasi bermanfaat lainnya!


Sumber:

Malvik, C. (2020). 4 Types of Learning Styles: How to Accommodate a Diverse Group of Students. Rasmussen University. https://www.rasmussen.edu/degrees/education/blog/types-of-learning-styles/