Minimalis dan Fungsional: Strategi Menyusun Ruang Kos yang Terbatas


oleh Nadia Vincy, DJITU 2023 Awardee asal Kalimantan Barat

Sumber gambar: Canva


Halo SahabatKK, sini ngumpul yang anak kos! Masih ada teman-teman yang masih bingung bagaimana cara agar menjaga kos tetap rapi dan teratur  karena terbatas oleh luasnya ruang kos. Akan tetapi, jangan khawatir karena  ada beberapa tips bagi SahabatKK yang baru menjadi anak kos agar dapat lebih terampil dalam mengatur dan menyusun ruang kos.


Rutin membersihkan kamar kos

Membersihkan kamar kost dengan rutin membantu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan tempat tinggal kamu. Kegiatan ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri, dan jamur yang berkembang biak di lingkungan yang kotor. Kos yang bersih dan rapi membuat penggunaan ruangan menjadi lebih nyaman dan efisien. 

Meletakkan kasur di pojok kamar

Posisi peletakkan barang-barang juga berpengaruh terhadap keteraturan dan kenyamanan ruangan., salah satunya kasur. Meletakkan kasur di pojok ruangan  bisa membantu menciptakan tatanan yang simetris, terutama jika kamu memiliki perabotan atau elemen dekorasi  yang juga ditempatkan di sudut-sudut ruangan lainnya. Hal ini dapat memberikan kesan visual yang seimbang dan harmonis. Dengan meletakkan kasur di pojok, kamu dapat menciptakan sudut tidur yang lebih terlindungi dan aman, memberikan sensasi yang lebih nyaman saat beristirahat. Selain itu, kamu dapat memiliki lebih banyak ruang di tengah ruangan untuk menambahkan dekorasi tambahan seperti meja samping tempat tidur, lampu hias, atau pot tanaman. Ini bisa membuat ruangan terlihat lebih menarik secara dan mengoptimalkan setiap sisi ruang kos.

Memasang rak dinding

Rak dinding membantu mengoptimalkan penggunaan ruang vertikal yang sering terabaikan. Dengan memasang rak dinding, kamu dapat menyimpan barang-barang seperti buku, foto, peralatan elektronik kecil, atau dekorasi lainnya sekaligus membantu menjaga barang-barang kamu tetap aman dan terlindungi dari kerusakan atau tumpahan. Selain itu, rak dinding juga dapat memudahkan kamu dalam mencari barang tertentu saat kamu membutuhkannya.

Menghindari menumpuk barang

Dengan tidak menumpuk barang, kamu dapat menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan menyenangkan. Menumpuk barang dapat membuat kamu sulit untuk menjangkau barang yang berada di bagian bawah tumpukan. Selain itu, tumpukan barang dapat menjadi bahaya potensial, terutama jika susunannya tidak stabil atau ditempatkan di tempat yang tidak aman. 


Semoga tips-tips telah dibahas dapat memberikan manfaat bagi kamu dalam merawat kebersihan dan keteraturan ruangan, sehingga kamu dapat menjalani masa kuliah dengan lebih efektif dan nyaman. Mari kita bersama-sama memelihara kebersihan ruangan kita sebagai tanda penghargaan terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. Selamat merapikan dan merancang ulang tata letak ruangan kos kamu!  


Sumber:

Dekoruma, K. (2019). Cepat Rapi, Ikuti Saja 6 Cara Menata Kamar Kos yang Sempit. Dekoruma. https://www.dekoruma.com/artikel/92788/cepat-rapi-ikuti-saja-6-cara-menata-kamar-kos-yang-sempit 

Setiawan, A. (2023). 6 Tips Dekorasi buat Kamar Kos Sempit Agar Terasa Luas. Detik Properti. https://www.detik.com/properti/tips-dan-panduan/d-6992312/6-tips-dekorasi-buat-kamar-kos-sempit-agar-terasa-luas

Wijaya, V. (2022). 6 Cara Praktis Menata Kamar Kos 3×3 agar Lebih Nyaman. Ruparupa. https://www.ruparupa.com/blog/cara-menata-kamar-kost-3x3/

Zulfikar, A. (2020). 11 Cara Menata Kamar Kos Yang Sempit Jadi Terasa Luas Dan Lega. Berita99. https://berita.99.co/cara-menata-kamar-kos-yang-sempit/