2024: Mengenal Tren Baru Pariwisata Indonesia


Sumber gambar: Pexels

oleh Gresna Wini Robaka, BIMA 2023 Awardee asal Nusa Tenggara Timur


Buat SahabatKK yang senang berwisata dan memiliki jiwa bebas, sudah pada tahu belum kalau dunia pariwisata sekarang punya tren baru? Rugi dong kalau belum tahu! Yuk cari tahu apa saja tren pariwisata tahun ini!


Memasuki tahun baru 2024 ini, pariwisata Indonesia kembali dengan wajah baru dan perubahan-perubahan secara signifikan. Semakin berkembangnya teknologi, perubahan gaya hidup global, dan tantangan lingkungan telah membentuk sebuah pemandangan baru dalam industri pariwisata tanah air. Mulai dari kehadiran desa-desa wisata terpencil seperti desa wisata Namu yang berlokasi di Jawa Tengah, hingga eksplorasi kekayaan bahari yang belum terjamah. Dikutip dari siaran pers Kemenparekraf, Minggu (24/12/2023), “Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menjelaskan keempat tren tersebut, meliputi Bleisure, Wellness Experience, Deep and Meaningful, dan Set-Jetting” (Hendriyani, 2023). Daripada penasaran, langsung saja simak tren pariwisata di Indonesia berikut ini!  


Bleisure adalah tren perjalanan yang menggabungkan bisnis (business) dan liburan (leisure), dimana wisatawan memanfaatkan waktu luang yang ada setelah menyelesaikan perjalananan bisnis untuk menjelajah destinasi wisata di sekitar lokasi bisnis. Tren ini semakin populer di kalangan Gen Z maupun pebisnis muda yang ingin mendapatkan work-life balance. Misalnya, seseorang dari Jakarta melakukan perjalanan bisnis ke Bali. Setelah menyelesaikan tugas bisnisnya, ia memutuskan untuk menghabiskan sisa waktunya di Bali untuk menjelajahi pantai, kuliner dan budaya Bali. 


Seiring dengan pergeseran perilaku wisatawan setelah pandemi COVID-19, dimana terjadi isolasi dalam jangka waktu yang panjang membuat wisatawan merasa tertekan dan cenderung mengalami stres. Hal ini mendorong mereka mencari pengalaman yang lebih alami, perjalanan dalam kelompok kecil agar menghindari keramaian, hingga yang paling menonjol adalah peningkatan kesadaran kesehatan dan kebersihan. Sehingga pentingnya pengalaman kesehatan jiwa dan spiritual telah mendorong tren pengalaman wisata kebugaran. Tujuannya adalah untuk mempertahankan hingga meningkatkan kesehatan pribadi, mulai dari aspek fisik, mental, spiritual, dan lingkungan. Saat ini gaya hidup yang penuh tekanan dan kesibukan adalah salah satu yang melatarbelakangi terjadinya wellness experience (Saari et al., 2023). Wisata wellness experience meliputi meditasi, yoga, spa, hiking maupun terapi alternatif lainnya. 


Salah satu rekomendasi destinasi wellness adalah The Yoga Barn, Ubud, Bali. Pusat bagi komunitas pecinta yoga berkumpul, tempat ini dapat memberikan ketenangan karena didukung dengan kawasannya yang terdiri dari hutan dan pepohonan rindang. Selain itu, terdapat cafe dengan sajian menu sehat yang cukup untuk mendetoksifikasi tubuh dan rejuvenation spa yang memiliki terapis dengan pengetahuan mendalam.


Tren pariwisata deep and meaningful adalah tren pariwisata yang mengedepankan nature (alam) dan culture (budaya), serta menggabungkan pengalaman wisata yang lebih berkualitas dan bermakna dengan dikemas dengan story-telling yang menarik. 


Pulau Komodo adalah salah satu destinasi wisata yang menawarkan sensasi deep and meaningful. Selain keindahan alamnya yang memukau, melihat langsung hewan purba komodo akan semakin memberikan kesan yang mendalam bagi wisatawan.   


Tren Pariwisata set-jetting adalah tren dimana perilaku wisatawan yang mengunjungi lokasi yang terkenal karena menjadi latar tempat dari film, acara televisi atau produksi film lainnya. Jenis tur ini dapat mencakup kunjungan ke lokasi syuting film, seperti kota ataupun bangunan-bangunan dalam produksi tersebut. Di Indonesia terdapat banyak lokasi populer yang kemudian mendorong kenaikan jumlah kunjungan wisatawan, seperti tur set film Laskar Pelangi di Bangka Belitung hingga Susah Sinyal di pulau Sumba.


Itu dia 4 tren Pariwisata yang akan semakin nge-hits di Indonesia. Apakah SahabatKK tertarik untuk mencoba tren tersebut atau sudah pernah berwisata dengan tren tersebut? 



Sumber:

Hendriyani, I. G. A. D. (2023). Siaran Pers : Kemenparekraf Proyeksikan Empat Tren Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 2024. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-kemenparekraf-proyeksikan-empat-tren-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-pada-2024


Saari, S., Grénman, M., & Varhelahti, M. (2023). The relationships between happiness, wellness tourist motivation, and tourism destination among Finnish wellness travellers: insights from the world’s “happiest nation.”. International Journal of Spa and Wellness, 6(3), 305–328. https://doi.org/10.1080/24721735.2023.2263310