Liburan tapi Produktif, Gimana Caranya?


Saat mendengar pengumuman liburan dari sekolah, seringkali kata ‘libur’ malah ditulis sebagai ‘belajar di rumah’. Eits, bukan berarti kita gak boleh istirahat dari rutinitas kegiatan belajar mengajar sebagai pelajar ya! Karena libur bukan berarti auto males-malesan. Ada beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan untuk belajar selama liburan, simak di artikel ini!


Menurut Riandi dan Aditia (2022), dokumenter adalah “film yang mendokumentasikan suatu kejadian/kenyataan dan fakta”. Dengan menonton film/serial dokumenter, kamu bisa mendapat dan menambah pengetahuan baru tentang kejadian/bidang di dunia nyata. Ditambah lagi, banyak dokumenter membahas isu-isu di dunia yang jarang disentuh sosial media atau televisi.


Punya banyak waktu kosong di liburan? Yuk isi dengan menyebarkan kebaikan sebagai relawan! Sekarang ada beragam kegiatan kerelawanan yang bisa kamu lakukan baik itu daring (online) maupun luring (offline). Mulai dari menyumbangkan kemampuan desain grafis kamu, ikut kerja bakti, mengajar anak-anak di suatu komunitas, hingga jadi kru acara komunitas/organisasi lokal.


Jalan-jalan tidak selalu identik dengan menghabiskan waktu dan uang secara sia-sia. Kamu bisa ‘cuci mata’ yang ramah di kantong sambil mendapat pengetahuan baru dengan mengunjungi perpustakaan atau museum di sekitar kamu. 2 tempat tersebut biasanya identik dengan suasana seram dan membosankan, tapi sebenarnya penuh dengan ilmu lho SahabatKK! Maka itu, yuk coba dan alami sendiri dengan pikiran yang terbuka.


Dibandingkan kursus luring, jumlah sesi kelas daring lebih sedikit, biayanya cenderung lebih murah (banyak yang gratis lho!), dan bisa kamu akses dimana saja sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya ongkos perjalanan. Bahkan, beberapa kelas daring berformat rekaman saja sehingga cocok untuk kamu yang jadwalnya tidak menentu saat liburan.


SahabatKK paling tertarik untuk coba kegiatan yang mana nih untuk mengisi liburan dengan produktif?


Sumber:

Riandi, A. P & Aditia, A. (2022). Pengertian Film Dokumenter: Definisi, Jenis dan Contohnya. KOMPAS. https://entertainment.kompas.com/read/2022/10/17/173309466/pengertian-film-dokumenter-definisi-jenis-dan-contohnya?page=all.