#KaryaSahabatKK: Kamu Mahasiswa Super Sibuk tapi Ingin 

Dapat Penghasilan Tambahan? Simak Ide dan Tipsnya Yuk!


adaptasi konten oleh Jihan Paramitha Rahayu, BIMA 2023 Awardee asal Jawa Barat


sumber gambar: Canva


Urusan kuliah seperti acara kampus atau tugas bisa menimbulkan/mendatangkan pengeluaran di luar budget yang sudah dimiliki, sehingga dana darurat harus disediakan supaya tidak merepotkan orang tua. Kamu ingin bekerja atau mulai bisnis sendiri namun bingung caranya karena sibuk kuliah? Ada tips dari BIMA 2023 Awardee, Jihan Paramitha Rahayu, untuk SahabatKK para mahasiswa sibuk yang ingin punya penghasilan tambahan.


Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum memulai usaha sendiri:


Nah, berikut ada beberapa ide usaha yang bisa kamu jalankan sebagai mahasiswa yang sibuk dengan dunia perkuliahan:


Eits mungkin kedengarannya berat untuk meluangkan waktu berjam-jam lagi sebagai mahasiswa sibuk, namun hal ini bisa diatasi dengan sistem guru les privat dimana jam kerja kamu tidak terikat dengan organisasi/perusahaan. Pastikan manajemen waktu kamu baik dan komunikatif dengan klien apabila ada perubahan jadwal mendadak.


Dengan menjadi reseller, kamu bisa membantu pabrik/produsen/supplier menjual produk mereka dan mendapat komisi tambahan dari setiap produk yang terjual. Namun apabila kamu tidak bisa menyimpan stok produk di tempat tinggal, kamu bisa mencoba usaha dropship dengan cara kerja yang mirip. Sehingga mengurangi potensi kerugian akibat stok produk yang mengendap.


Tidak banyak waktu yang bisa diluangkan untuk memasak bukan berarti kamu tidak bisa membuka bisnis makanan. Kamu bisa menjadi reseller produk atau membuka jasa titip makanan untuk membantu teman-teman kampus yang tidak sempat membeli makan.


Punya printer yang jarang dipakai? Tinggal dekat tempat fotocopy yang murah tapi sepi? Kamu bisa memulai bisnis print dan fotocopy dengan modal kertas apabila sudah punya printer sendiri atau jadi jasa titip untuk kamu yang tidak punya printer.


Industri fashion lokal sedang berkembang sangat pesat nih SahabatKK. Terinspirasi juga untuk memulai perjalanan di dunia fashion namun belum memiliki modal dan waktu yang cukup? Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper merk-merk yang sudah ada bekerjasama dengan tempat percetakan dan pabrik kaos untuk menjual desainmu.


Dengan melajunya industri content creation dan tugas-tugas sekolah/kampus yang semakin nirkertas (tanpa kertas), desain grafis sudah menjadi kebutuhan di hidup sehari-hari. Untuk SahabatKK yang punya bakat di bidang ini, kamu bisa membuka jasa desain. Hitung-hitung sambil meningkatkan ilmu dengan praktik!


Gimana SahabatKK, sudah bertambah belum semangatnya untuk menjadi pengusaha muda? Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat!