#KaryaSahabatKK: Kita Gen Z, Kita Beraksi!


Sumber gambar: Canva

oleh Resti Rahmadani, BESTARI Batch 1 Awardee asal Bengkulu


Halo SahabatKK, sebagai generasi muda yang masuk ke Generasi Z, kita mungkin sudah merencanakan apa saja hal-hal yang ingin kita lakukan dalam hidup kita. Untuk mewujudkannya, kita harus memiliki karakter yang dapat menjadikan kita unggul, menjadi versi terbaik diri  sendiri, dan pastinya bisa bersaing dengan sportif. Selain itu, kita harus tahu dan kenal dengan kita diri kita sendiri karena kepribadian yang terbentuk berdasarkan karakter yang kita miliki. 

Karakter adalah bagian dari kepribadian seseorang yang tidak bisa dilepaskan karena karakter seseorang bisa banyak mempengaruhi kepribadian. Karakter dan kepribadian itu dua hal yang berbeda ya SahabatKK, karakter itu mencerminkan nilai-nilai, etika, dan kebiasaan individu. Sementara kepribadian mengacu pada pola perilaku, pikiran, dan  emosi yang membedakan setiap individu. Tapi, karakter dan kepribadian bersama-sama membentuk identitas unik setiap individu dan mempengaruhi individu tersebut berinteraksi dengan dunia sekitarnya. 

Nah, untuk membantu kamu mengembangkan karakter dan kepribadian, yuk kenali ciri khas dari  Generasi Z terlebih dahulu ya SahabatKK: 

1. Mahir Teknologi

Sebagai generasi yang bergantung kepada teknologi, khususnya internet dan media sosial, Generasi Z setiap harinya disuguhkan oleh berbagai informasi, termasuk apa yang sedang tren saat ini. Generasi Z memiliki kelebihan sangat fasih dalam teknologi dan memiliki pemahaman  tentang cara kerja dunia digital, sehingga mempunyai sifat inovatif dan adaptif. Sudah bukan rahasia lagi bahwa generasi yang lahir di tahun 1997 dan sesudahnya ini lahir dan hidup di era teknologi yang semakin berkembang dan canggih. Pada periode ini juga,  aplikasi komputer mulai dikembangkan dan semua sistem yang ada diimplementasikan dengan menggunakan metode bantuan komputer. Oleh karena itu, kemampuan Generasi Z  dalam menguasai teknologi sampai dikatakan  sebagai bawaan sejak lahir!


2. Suka Berkomunikasi

Ciri atau kepribadian Generasi Z selanjutnya adalah suka berkomunikasi dengan semua kalangan. Bukan hanya komunikasi tatap muka, saat ini Generasi Z  semakin mengembangkan cara  komunikasi melalui berbagai jenis jejaring sosial yang membuat orang-orang secara spontan mulai berkomunikasi dan mengekspresikan  diri melalui internet.  


3. Lebih Mandiri

Generasi Z  adalah generasi yang paling akrab dengan gawai, multitasking, dan senang hal yang praktis dan kritis.  Generasi Z nampak lebih mandiri dibandingkan generasi sebelumnya karena karakteristik yang sudah disebutkan sebelumnya. Tidak hanya itu, kita Generasi Z sering kali lebih memilih untuk mengambil keputusan, belajar, dan berkembang sendiri.  


4. Lebih Toleran

Indonesia memiliki  beraneka ragam  budaya dan perbedaan lainnya yang juga semakin banyak ditemukan. Generasi Z secara umum lebih bisa menerima  perbedaan dengan sikap toleransi. Berkat pemikiran yang lebih terbuka, Generasi Z juga lebih mudah   menerima serta  menghormati orang  yang berbeda dengannya.


Nah, itu adalah beberapa karakteristik  positif kita sebagai Generasi Z nih SahabatKK. Karena salah satu kelebihan Generasi Z yang paling mencolok adalah sudah kenal akrab dengan penggunaan teknologi, maka dari itu yuk kita saling berbagi hal-hal bermanfaat kepada sesama  melalui pengetahuan teknologi yang kita miliki. 


Sumber: 

info psikologi. (2023). Perbedaan Karakter dan Kepribadian Menurut Psikologi. Kumparan. https://kumparan.com/info-psikologi/perbedaan-karakter-dan-kepribadian-menurut-ilmu-psikologi-20mHsx3t8wX

Irawan, T. (2020). Generasi Z, Tantangan Guru Masa Kini. SMA Unggul Al-Mizan. https://www.smaunggulanalmizan.sch.id/berita/detail/148526/generasi-z-tantangan-guru-masa-kini/