#KaryaSahabatKK: Tips agar Nugas Tidak Ngantuk


Sumber gambar: Canva

oleh Carmelita Winnie Joceline, BESTARI Batch 1 Awardee asal Sumatera Selatan


“Sudah jam berapa ya? Ngantuk banget mau lanjut nugas...”


Siapa SahabatKK di sini yang masih sering mengeluh ngantuk padahal baru mulai mengerjakan tugas? Apakah kamu pernah bertanya-tanya, sebenarnya apa sih yang membuat cepat ngantuk ketika nugas? Nah, di artikel ini kamu akan menyimak tips-tips agar pada saat mengerjakan tugas tidak ngantuk sehingga tugas bisa selesai tepat waktu! Karena rasa ngantuk yang datang ketika kita mengerjakan tugas sangat berpengaruh pada nilai penugasan kita.


Siapa yang setiap mengerjakan tugas harus ada lagu untuk menemaninya? Nah, sebenarnya lagu bisa menjadi sahabat terbaik saat menemani kita untuk mengerjakan tugas, tetapi justru mendengar lagu yang kita sukai,pikiran kita menjadi tidak fokus saat mengerjakan tugas. Menurut Perham dan Sykora (2012),  musik yang kita sukai cenderung lebih mengganggu daripada musik yang kita tidak  sukai ketika mengerjakan tugas tugas kognitif, karena cenderung memicu respons emosional yang dapat mengalihkan perhatian kita dari tugas-tugas tersebut. 


Tetapi jika SahabatKK perlu semangat sebelum mengerjakan tugas, ada juga genre lagu  yang bisa membuat kita semangat sebelum mengerjakan tugas! Genrenya tentu yang semangat seperti rock ataupun  pop. Contohnya seperti: 


Di atas merupakan contoh-contoh lagu agar membentuk suasana dan menaikkan mood supaya pada saat mengerjakan tugas tidak ngantuk  serta mata tidak menjadi sayup.


Tempat tidur, dua kata yang merupakan tempat terenak ketika cape ataupun letih. Maka dari itu tempat tidur tidak dianjurkan sebagai tempat untuk mengerjakan tugas dikarenakan tempat tidur merupakan tempat yang seharusnya dikunjungi ketika kita ingin mengistirahatkan badan serta tidur.  Mengerjakan tugas di tempat tidur dapat membuat mata menjadi lebih cepat tertutup dikarenakan lebih nyaman untuk menjadi tempat istirahat.


Nah berkaitan dengan poin di atas, lingkungan  berpengaruh besar ketika kita mengerjakan tugas. Dikutip dari Children Nature Network, Norwood, Lakhani, dan Kendall (2021) menemukan bahwa  mengerjakan tugas di luar ruangan dapat meningkatkan dan menurunkan rasa ngantuk karena lingkungannya mendukung untuk lebih produktif ketika mengerjakan tugas.

 

Meskipun mempunyai tugas yang sangat banyak, SahabatKK juga tidak boleh melupakan jeda ketika mengerjakan tugas, agar tidak cepat lelah dan tidak membuat ngantuk. Jedanya seperti apa? Bisa seperti: 


Berikut merupakan tips-tips menarik untuk SahabatKK agar tidak mengantuk ketika mengerjakan tugas sehingga bisa cepat selesai dengan nilai yang sempurna. Sebelum itu, kebutuhan tidur SahabatKK juga harus cukup dan terpenuhi ya! Jangan menyepelekan jam tidur yang cukup, karena jam tidur merupakan kunci utama untuk melakukan kegiatan tanpa rasa kantuk berlebihan. 


Sumber:

Norwood, M. F., Lakhani, A., Kendall, E., (2021). Teaching traditional indoor school lessons in nature: The effects on student learning and behaviour. Landscape and Urban Planning, 206, 1-10. https://doi.org/10.1016/j.landurbplan.2020.103963 


Perham, N., & Sykora, M. (2012). Disliked Music can be Better for Performance than Liked Music. Applied Cognitive Psychology, 26(4), 550–555. https://doi.org/10.1002/acp.2826