#KaryaSahabatKK: Rahasia Menuju Peningkatan Potensi 

melalui Jurusan Sistem Informasi


Sumber gambar: Canva

oleh Della Erlina, BESTARI Batch 1 Awardee asal Sumatera Selatan


Apakah SahabatKK pernah berpikir mengapa pekerjaan atau ilmu yang dipelajari seseorang bisa mempengaruhi bagaimana mereka menjalani hari-harinya? Mari kita lihat contohnya dalam bidang Sistem Informasi. Seseorang yang ahli di bidang ini tidak hanya sukses dalam menciptakan atau mengelola teknologi baru atau mengelola dengan baik, tapi juga memiliki keseharian yang dipengaruhi oleh bidang yang mereka pelajari.


Mereka biasanya lebih cepat menangkap perkembangan teknologi terkini karena sering berinteraksi dengan komputer dan aplikasi. Misalnya, mereka menggunakan aplikasi kalender digital dan manajemen tugas untuk mengelola pekerjaan mereka. Selain itu, terbiasa dengan logika sistem dan proses  membuat mereka cenderung lebih terampil dalam menyelesaikan tugas-tugas karena dalam lingkungan akademik atau profesional, mereka memiliki kemampuan komunikasi efektif dan kerjasama yang baik karena sering terlibat dalam proyek tim yang memanfaatkan teknologi.


SahabatKK yang mau jadi mahasiswa jurusan Sistem Informasi, kamu juga bisa seperti itu lho! Dalam artikel ini, kita akan membahas cara meningkatkan potensi diri melalui jurusan Sistem Informasi supaya kamu bisa memahami peran jurusan ini lebih dalam.


Pertama, kenali dahulu jurusan yang akan kamu pelajari selama 3-4 tahun nanti. Jurusan Sistem Informasi sangat penting dalam mengelola teknologi informasi di era modern ini. Sebagai mahasiswa, kamu bisa belajar tentang berbagai hal seperti pengembangan perangkat lunak, manajemen basis data, dan analisis sistem. Lingkup pekerjaannya nanti juga luas lho SahabatKK! Mahasiswa jurusan Sistem Informasi nantinya bisa berkontribusi di berbagai industri, dari bisnis hingga layanan publik. 


Supaya kamu semakin semakin tertarik untuk mengeksplorasi jurusan Sistem Informasi, ada 3 contoh mata kuliah jurusan ini yang menarik untuk dibahas dan bisa memberi manfaat positif ke kehidupan sehari-hari. Perlu diingat, setiap universitas mungkin memiliki kurikulum yang berbeda, jadi nama mata kuliah bisa saja bervariasi tetapi materi yang dipelajari sama.


Pemahaman tentang basis data membuat kamu bisa lebih efektif dalam menganalisis data. Kamu dapat menggunakan keterampilan ini untuk mengambil keputusan yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dengan menganalisis data pengeluaran bulanan, kamu dapat mengidentifikasi pola pengeluaran dan menetapkan budget yang lebih efisien.

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa jurusan Sistem Informasi mempelajari Arsitektur SI/TI mempelajari struktur, komponen, dan interaksi antara sistem informasi dan teknologi informasi dalam suatu organisasi untuk merencanakan, merancang, dan mengelola infrastruktur teknologi yang efisien dan efektif.Mahasiswa dapat menggunakan pemahaman mereka tentang arsitektur SI/TI untuk merencanakan karir mereka di bidang teknologi informasi. Mahasiswa dapat mengidentifikasi tren industri, memahami kebutuhan pasar, dan merencanakan jalur karir yang sesuai dengan minat dan keterampilannya.

Tahukah kamu bahwa mahasiswa Sistem Informasi yang memahami Siklus Hidup Perangkat Lunak bisa menerapkan ilmunya dalam pengelolaan waktu sehari-hari mereka? Mereka bisa merencanakan studi mereka seperti mengatur proyek perangkat lunak, dengan langkah-langkah jelas dari perencanaan hingga implementasi, evaluasi, dan penyelesaian. Ini berarti mereka membagi waktu mereka dengan bijaksana, menetapkan target yang realistis, dan memastikan mereka mencapai tujuan mereka tepat waktu.



Setelah memahami tentang peran Jurusan Sistem Informasi, SahabatKK juga harus mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri. Kemudian, buatkan rencana ataupun target yang ingin dicapai. Misalnya dengan cara berikut:

Berdasarkan evaluasi kelebihan dan kekurangan, kamu dapat menetapkan tujuan yang realistis dan dapat diukur. Misalnya, jika kekurangan adalah kurangnya keterampilan dalam analisis data, maka tujuannya  untuk meningkatkan pemahaman tentang alat dan teknik analisis data tertentu dalam waktu tertentu. 

Tujuan perlu diprioritaskan berdasarkan urgensi dan dampak potensialnya terhadap karir dan perkembangan pribadi. Mengidentifikasi tujuan utama akan membantu dalam merencanakan langkah-langkah yang lebih spesifik dan terfokus.

Buat langkah-langkah perencanaan yang spesifik dan terukur untuk rencana kamu. Misalnya, jika tujuan kamu adalah untuk meningkatkan keterampilan pemrograman, langkah-langkahnya  bisa dimulai dengan mencari teman yang paham akan pemrograman atau mengikuti kursus online, membaca buku-buku referensi, dan berlatih dengan proyek buatan.

SahabatKK dapat menggunakan aplikasi notes (catatan) untuk mencatat tujuan, target, dan langkah-langkah yang ingin dicapai. Dengan demikian, kamu dapat dengan mudah mengakses dan memperbarui rencana kapanpun diperlukan, serta mengatur pengingat untuk tugas-tugas atau target tertentu. 



Jangan cuma jadi wacana, terapkan strategi yang telah dibuat supaya rencana kamu dapat tercapai. Daripada terlalu memaksakan kecepatan dalam mencapai hasil akhir, lebih baik kamu fokus dalam menjalani rencana kamu. Evaluasi terhadap langkah-langkah tersebut setelah dilakukan, juga sangat penting untuk terus meningkatkan kualitas dan hasil akhir yang diinginkan. Implementasi strategi tersebut dalam konteks jurusan Sistem Informasi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Fokus pada pengembangan keterampilan teknis yang dibutuhkan dalam bidang Sistem Informasi terlebih dahulu seperti pemrograman, manajemen basis data, atau analisis sistem. 

Komunikasi interpersonal memiliki peran krusial di semua bidang kehidupan, terutama dalam sebagai mahasiswa Sistem Informasi. Tetapkan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum atau aktif berpartisipasi dalam diskusi di kelas. Kamu bisa mencapai tujuan ini dengan berlatih secara konsisten atau mengikuti kursus tentang komunikasi .

Tingkatkan kemampuan manajemen waktu yang efektif dengan cara mempraktikkan strategi kamu dengan jadwal harian atau menggunakan teknik seperti metode pomodoro. Hal ini dapat membantu meningkatkan produktivitas kamu. 

Bidang Sistem Informasi memerlukan pemahaman yang kuat dalam teknologi informasi dan aplikasinya di bidang lain. Tidak ada salahnya untuk menambah pengetahuan dalam domain tertentu seperti keuangan, kesehatan, atau bisnis dengan membaca buku di bidang tersebut atau mengikuti seminar. 

Secara teratur, tinjau progress kamu dalam tujuan yang sudah ditetapkan dan bersiaplah untuk menyesuaikan rencana jika diperlukan. Lakukan refleksi terhadap pencapaian kita dan identifikasi area-area di mana kita bisa melakukan perbaikan. 


Langkah-langkah sederhana yang telah disebutkan bisa memberikan dampak besar bagi kita jika memiliki kemauan untuk memperbaiki diri sendiri. Kita hanya perlu bersungguh-sungguh dan berkomitmen dalam menjalankan langkah-langkah tersebut agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Semangat SahabatKK!


Sumber:


Legowo, N. (2021). Memahami Enterprise Architecture untuk Pengembangan System Perusahaan. BINUS University. https://mmsi.binus.ac.id/2021/12/17/memahami-enterprise-architecture-untuk-pengembangan-system-perusahaan

Naeem, T. (2023). Database Design – Learn How to Design a Good Database. Astera. https://www.astera.com/type/blog/all-you-need-to-know-about-database-design/

Nanda, S. (2023). Jurusan Sistem Informasi: Mata Kuliah hingga Prospek Kerjanya. Brain Academy. https://www.brainacademy.id/blog/jurusan-sistem-informasi

Setiawan, R. (2021). Metode SDLC Dalam Pengembangan Software. Dicoding. https://www.dicoding.com/blog/metode-sdlc/