Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Cocok Untuk Kamu Yang SMA Jurusan IPS

Gambar: Canva


Dianggap sebagai jurusan untuk si anti Matematika, jurusan IPS di SMA ketika kuliah bisa mengambil beberapa pilihan fakultas lain yang berhubungan dengan bidang mereka tanpa harus banyak bertemu angka seperti Ekonomi dan Bisnis. Salah satunya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Kira-kira, di fakultas ini ada jurusan apa saja ya? Dan bagaimana peluang kerja kedepannya? Yuk, simak artikel ini karena akan membahas tuntas tentang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).


Ada Jurusan Apa Saja?

Sebagai fakultas yang berdiri sendiri dan menaungi ilmu-ilmu tentang sosial, FISIP mempunyai berbagai jurusan yang di setiap kampus mungkin berbeda-beda tergantung dengan kebijakan. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa jurusan yang ada di FISIP:

Sesuai dengan namanya, jurusan ilmu komunikasi akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan tentang komunikasi. Baik secara lisan, tulisan, maupun lewat media gambar dan video. Bukan hanya komunikasi antara dua belah pihak tapi juga komunikasi untuk media massa, iklan, hingga lembaga pemerintahan.


Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan ini yaitu komunikasi antar pribadi, komunikasi massa, komunikasi organisasi, komunikasi politik, komunikasi lintas budaya, media dan kajian budaya, periklanan, reportase berita penyiaran, dan jurnalistik kontemporer.


Lulus dari jurusan ini, kamu akan mendapatkan gelar S.I.Kom atau Sarjana Ilmu Komunikasi. Dari sini, kamu dapat berkarir di bidang broadcasting, wartawan, editor, public relations, perencanaan acara (Event planner), content creator, penyiar radio, presenter, praktisi periklanan, hingga marketing communication officer.


Sesuai dengan namanya, jurusan ini akan mempelajari tentang kehidupan sosial manusia. Mulai dari individu dengan individu, individu dengan kelompok, hingga kelompok dengan kelompok.


Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari yaitu; sosiologi pendidikan, sosiologi agama, analisa sosial, analisa demografi, analisa geografi dan spasial, teori sosiologi modern, tipologi sosial, psikologi sosial, sosiologi hukum, sosiologi komunikasi, sosiologi keluarga, sosiologi industri, perilaku menyimpang, dan kesejahteraan sosial.


Lulus dari jurusan ini, gelar yang yang akan didapat adalah S.Sos atau Sarjana Ilmu Sosial. Dari sini kamu bisa berkarir sebagai sosiolog, guru atau dosen, jurnalis, market researcher, pekerja sosial, penulis, HRD, research and development, hingga media planner.


Sesuai dengan namanya, jurusan ini mempelajari tentang hubungan antar negara mulai dari lembaga pemerintah hingga lembaga non pemerintahan, ekonomi, lingkungan, dan keamanan. Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari yaitu sejarah hubungan internasional, politik internasional, organisasi internasional, sejarah diplomasi, hukum internasional, dan politik luar negeri Indonesia.


Lulus dari jurusan ini gelar yang akan didapat adalah S.Hub.Int atau Sarjana Hubungan Internasional. Dari sini, kamu bisa berkarir sebagai diplomat, konsultan internasional, staff kedutaan, duta besar, government relations officer, dan dosen atau guru.


Mempelajari tentang kondisi psikologi yang dialami oleh manusia mulai dari perilaku hingga mentalnya, beberapa mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini yaitu kesehatan mental, psikologi pendidikan, psikologi industri dan organisasi, asesmen dan intervensi anak dan remaja, asesmen dan intervensi dewasa dan lansia, asesmen dan intervensi komunitas, psikologi ulayat, kepemimpinan dan pengambilan keputusan, dan pengembangan diri.


Lulus dari jurusan ini gelar yang didapat adalah S.Psi atau Sarjana Psikologi. Dari sini kamu bisa berkarir sebagai HRD, konsultan karir, konsultan pendidikan, dosen atau guru, perawat kesehatan mental, management trainee, recruiter, hingga assessor.


Mempelajari tentang seluk beluk politik, kekuasaan, pemerintahan, hingga individu. Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari yaitu, sistem politik Indonesia, metodologi ilmu politik, politik lokal dan otonomi daerah, HAM dan perubahan politik, bisnis dan politik, politik kebijakan publik, politik perburuhan dan hubungan industrial, pembangunan politik dan studi demokratisasi, pemikiran politik kontemporer, dan pemilu.


Lulus dari jurusan ini, gelar yang akan didapat adalah S.Ip atau Sarjana Ilmu Politik. Dari sini, kamu dapat berkarir sebagai peneliti politik, bekerja di lembaga pemerintahan, menjadi bagian dari partai politik, konsultan politik, pengamat politik, dosen atau guru, hingga peneliti lembaga survei.


Hampir sama dengan jurusan ilmu politik dan hubungan internasional, jurusan ilmu pemerintahan mempelajari seluk beluk negara, pemerintahan, dan kekuasaan di dalamnya. Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari yaitu pendidikan kewarganegaraan, pengantar ilmu politik, sistem hukum Indonesia, teori-teori politik dan pemerintahan, ekologi pemerintahan, manajemen SDM pemerintahan, etika politik dan pemerintahan, dan kepemimpinan dalam pemerintahan.


Lulus dari jurusan ini gelar yang akan didapat adalah S.IP atau Sarjana Ilmu Pemerintahan. Dari sini kamu dapat berkarir sebagai staff atau anggota legislatif, spesialis pemerintah, aparatur hubungan masyarakat, guru atau dosen, konsultan pemerintahan, hingga politisi.


Nah, itu dia berbagai jurusan yang bisa kamu pilih di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Dari enam pilihan di atas, mana yang sudah jadi incaranmu? 


Kalau kamu sudah menemukan jurusan bahkan kampus impian di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, kamu bisa coba mendaftar beasiswa untuk mendukung kegiatan perkuliahan kamu dalam bentuk dana pendidikan. Salah satunya adalah BESTARI (Beasiswa Untuk Anak Perempuan Indonesia) yang diinisiasi oleh Yayasan Khouw Kalbe, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan UNFPA Indonesia. Beasiswa ini terbuka untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (berstatus kelas 12 SMA/SMK/sederajat atau lulusan SMA/SMK/sederajat maksimal tahun kelulusan 3 tahun lalu) maupun sudah berstatus mahasiswi semester 1.


Selain mendapatkan dana pendidikan Rp 10.000.000 per semester (mencakup SPP/UKT, Sumbangan Pengembangan Institusi, dan Biaya Penelitian), para peraih beasiswa juga akan mendapat sesi pengembangan kapasitas daring secara gratis dengan topik seputar pemberdayaan perempuan dan pengembangan diri.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini, kamu dapat membaca buku panduan BESTARI Batch 2 (https://bit.ly/PanduanBESTARI2023-Batch2) terlebih dahulu. Apabila kamu sudah siap dan memenuhi semua persyaratan, mari daftarkan diri kamu untuk BESTARI Batch 2 di https://bit.ly/DaftarBESTARI-Batch2 sebelum tanggal 31 Oktober 2023.


Semoga bermanfaat!


#YayasanKhouwKalbe #BeasiswaPendidikan #BeasiswaPerempuan #PerempuanBerdaya

#InfoBeasiswa


Sumber:

Jurusan-jurusan Kuliah di Fisip