Pengen Ngerasa Lebih Nyaman Pas Datang Bulan? 

Yuk Praktikkan 6 Tips Self Care Ini


Sumber gambar: Canva


Rasa tidak nyaman seperti perut kembung, badan pegal, kelelahan, dan nyeri sering terjadi saat menstruasi karena perubahan kondisi tubuh. Terkadang kita bingung cara mengatasinya hingga hal-hal tersebut tersebut mengganggu keseharian sampai jadi uring-uringan. Daripada bad mood terus, yuk simak dan praktikkan cara-cara self care di bawah yang bisa membuat kamu nyaman saat menstruasi:


Suasana hati perempuan sering berubah dan lebih emosional dibanding hari-hari lain bahkan sejak mendekati menstruasi. Daripada meluapkan emosi kamu sembarangan sehingga orang lain terkena imbasnya, cerna dan alami dengan penuh kesadaran emosi apa yang kamu rasakan.

Salah satu cara untuk menuangkan perasaan kamu dengan sehat adalah menulis journal. Siapkan buku tulis atau aplikasi pencatat dalam gadget kamu, mulailah mencurahkan apa yang kamu rasakan serta pikirkan. Di sela-sela menulis, siapa tahu kamu akan mendapat ide-ide atau pencerahan baru.

Dilansir dari Mind Body Green, tingkat energi paling rendah terjadi saat menstruasi. Namun bukan berarti kamu tidak boleh bergerak sama sekali, justru olahraga ringan bisa memperlancar aliran darah kamu nih SahabatKK. Kamu bisa mencoba yoga dan pilates yang ringan supaya kamu lebih segar.

Siapa yang suka ngidam makan makanan kesukaan saat menstruasi? Menurut BBC.co.uk, memakan makanan yang kamu idam-idamkan bisa membuat tubuh melepaskan hormon dopamin yang meningkatkan suasana hati. Tapi seperti hari-hari lainnya, jangan sampai mengonsumsi makanan tidak sehat secara berlebihan saat menstruasi. Prioritaskan makanan tinggi protein dan zat besi termasuk sayur-sayuran seperti bayam karena tubuh perempuan akan kehilangan zat besi dan zinc (seng) saat menstruasi akibat keluarnya darah.

Supaya mengurangi rasa kembung di perut, usahakan tubuhmu terhidrasi dengan minum air yang cukup serta mengonsumsi sayur dan buah yang kaya air. Contohnya seperti timun dan semangka.

Kehangatan/rasa hangat dapat meredakan rasa nyeri haid dan otot yang kaku. Kamu bisa memakai kaos kaki, mandi air hangat, dan meletakkan handuk yang dipanaskan di area perut untuk membuat tubuhmu tetap hangat.

Masih berkaitan dengan poin pertama tentang suasana hati, buat dirimu lebih rileks dengan melakukan aktivitas seperti meditasi, membaca buku, dan menonton film atau series yang kamu suka.


Semoga kamu bisa menghadapi menstruasi dengan lebih nyaman melalui perhatian ekstra yaitu self care. Yuk sering-sering berkunjung ke situs www.yayasankhouwkalbe.org untuk membaca lebih banyak artikel seputar kehidupan perempuan dan pendidikan.