Macam-Macam Pilihan Jurusan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan


Sumber gambar: Canva


Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah masyarakat yang masih menempuh pendidikan jenjang SD, SMP, hingga SMA per tahun 2022 sebanyak 24,33 juta orang. Sementara itu, jumlah sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia per tahun 2022 mencapai 399.376 unit.


Hal ini juga didukung oleh data masyarakat Indonesia yang berada di usia produktif atau usia muda yang berada di rentang 15-64 tahun per Juni 2022 telah menyentuh angka 190,83 juta jiwa. Artinya, masih banyak anak yang bersekolah sehingga peran guru sangat dibutuhkan untuk melahirkan generasi selanjutnya yang mampu membawa perubahan dan kemajuan bagi negara Indonesia.


Untuk mendukung hal tersebut, berbagai Universitas di Indonesia telah menyiapkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang hingga saat ini menjadi salah satu fakultas terfavorit pilihan para calon mahasiswa. Kira-kira, ada jurusan apa saja ya di fakultas ini?


Pilihan Jurusan

Sama seperti fakultas lainnya yang menaungi beberapa jurusan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pun memiliki berbagai jurusan mulai dari tingkat pendidikan usia dini hingga Sekolah Dasar. Beberapa jurusan umumnya disesuaikan dengan kebijakan masing-masing kampus sehingga bisa berbeda-beda. Sebagai gambaran, berikut beberapa jurusan yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan:


Pilihan Universitas

Saat ini, ada banyak Universitas yang menyediakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan baik Universitas Negeri maupun Swasta. Sebagai gambaran, berikut beberapa rekomendasi Universitas yang bisa kamu pilih:


Selama berkuliah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, kamu akan mempelajari cara mengajar yang mudah dipahami dan efektif, dasar-dasar pendidikan, pengelolaan pendidikan, pengembangan peserta didik, desain dan model pembelajaran, micro teaching, hingga kurikulum dan pembelajaran. Selain itu, ada juga praktek langsung dimana kamu mengajar di depan murid sekolah. Wah, seru banget ya!


Lulus dari jurusan ini kamu akan mendapatkan gelar S.Pd atau Sarjana Pendidikan. Bagaimana? Jadi semakin tertarik setelah melihat berbagai jurusan yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan?

Semoga bermanfaat!


Sumber:

Yunita, O. (2020). Yuk, Kenalan dengan Fakultas Ilmu Pendidikan. Ruang Guru. https://www.ruangguru.com/blog/yuk-kenalan-dengan-fakultas-ilmu-pendidikan