Membangun Gaya Hidup Sehat: Tips Bagi Anak Kos di Perantauan


Sumber gambar: Canva


oleh Nadia Vincy, DJITU 2023 Awardee asal Kalimantan Barat


Halo, SahabatKK! Sini ngumpul yang anak kos! Bagaimana cara kamu menjaga kesehatan terutama ketika menjadi anak kos? Sering kali, anak kos lupa bahwa kesehatan juga merupakan hal yang penting dan perlu dijaga agar tetap dapat beraktivitas dengan optimal karena, kesibukan dan tekanan hidup sehari-hari sering membuat anak kos mengabaikan kebutuhan fisik. Namun, kamu jangan khawatir karena berikut ada beberapa tips bagi SahabatKK yang ingin menjaga kesehatan sebagai anak kos di perantauan.


Rajin berolahraga bukan hanya penting untuk menjaga kesehatan fisik, tetapi juga berdampak positif pada kesehatan mental dan kualitas hidup secara keseluruhan. Berolahraga membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan konsisten berolahraga, kamu dapat mengurangi risiko obesitas serta penyakit  seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi. Kathleen Zelman, MPH, RD, LD, direktur kesehatan WebMD, menjelaskan bahwa ketika berolahraga, tubuh akan lebih leluasa bergerak. Hal ini akan merangsang proses metabolisme dalam tubuh serta sirkulasi darah menjadi lebih mudah. 


Berolahraga membantu memperkuat otot dan tulang, yang penting untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang serta mengurangi risiko osteoporosis. Berlari atau jogging adalah salah satu cara murah dan efisien untuk berolahraga. Anak kos dapat menjadwalkan waktu untuk berlari di sekitar lingkungan kos atau di area terbuka terdekat.


Makanan bergizi mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin, mineral, protein, karbohidrat, lemak sehat, serat, dan lain-lain. Nutrisi yang mencukupi dari makanan bergizi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat, terutama pada generasi muda Mengkonsumsi makanan bergizi adalah kunci untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan, meningkatkan kualitas hidup, dan mengurangi risiko berbagai penyakit dan kondisi kronis. 


Bagi kamu yang anak kos dapat memasak makanan sendiri di kos agar makanan yang dikonsumsi terjamin gizi dan kebersihannya. Selain itu, ada cara lainnya yaitu membagi biaya dan jadwal dengan teman-teman sekos untuk memasak bersama-sama. Ini tidak hanya menghemat uang, tetapi juga bisa menjadi pengalaman sosial yang menyenangkan dan meningkatkan keterampilan memasak.



Anak kos sering begadang karena berbagai faktor. Seperti tekanan akademis yang tinggi, kebiasaan sosial, dan keterbatasan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah atau kegiatan organisasi.


Istirahat yang cukup dan teratur dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Saat kamu tidur, otak memiliki kesempatan untuk memproses emosi dan pikiran yang mungkin telah terakumulasi selama hari itu. Istirahat yang cukup membantu dalam pemulihan fisik tubuh, memungkinkan otot-otot untuk meregangkan dan memperbaiki diri. Hal ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu dalam proses penyembuhan, dan mengurangi risiko penyakit. istirahat teratur memiliki banyak manfaat yang signifikan bagi kesehatan kamu. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas serta mengambil istirahat yang sesuai, kamu dapat meningkatkan kualitas hidup kamu dan mengoptimalkan kinerja kamu dalam berbagai aspek kehidupan (Ellis, 2023).


Membersihkan lingkungan tempat tinggal kamu, termasuk menyapu, mengepel, dan membersihkan permukaan, membantu mengurangi risiko terinfeksi oleh kuman dan bakteri. Kegiatan ini dapat mencegah infeksi saluran pernapasan, infeksi kulit, dan infeksi lainnya yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor. 

Membersihkan diri secara teratur, termasuk mandi dan menjaga kebersihan gigi, membantu menjaga kesehatan pribadi kamu karena kegiatan tersebut membantu mencegah infeksi kulit, bau badan, dan masalah kesehatan lainnya yang dapat timbul akibat kurangnya kebersihan pribadi (Adrian, 2022).


Anak kos sering makan tidak teratur karena jadwal yang tidak teratur, keterbatasan waktu dan sumber daya untuk memasak, serta kecenderungan untuk memilih makanan cepat saji atau instan yang praktis tetapi mungkin kurang sehat. Faktor sosial seperti lebih sering melakukan kegiatan bersama teman atau kesibukan juga dapat memengaruhi pola makan yang tidak teratur bagi anak kos. Makan teratur membantu menjaga tingkat energi kamu tetap stabil sepanjang hari. Dengan asupan makanan yang teratur, tubuh memiliki sumber energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa merasa lelah atau lesu. Bukan cuma itu, makan teratur dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mengurangi kecenderungan untuk makan secara berlebihan atau ngemil makanan yang tidak sehat. 


Mengatasi stres membantu menjaga kesehatan mental kamu. Stres kronis dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mental, seperti kecemasan, depresi, dan gangguan tidur. Dengan manajemen stres yang baik, kamu dapat meningkatkan kualitas tidur dan kesejahteraan emosional dan mental. Hal ini dikarenakan stres dapat mengganggu pola tidur kamu, menyebabkan sulit tidur atau tidur yang tidak nyenyak. 


Anak kos dapat mengatasi stres dengan mengatur waktu dengan bijak, memprioritaskan tugas kuliah, dan menjaga pola makan dan istirahat yang sehat. Mengatur kegiatan sosial dengan baik, memanfaatkan fasilitas olahraga di sekitar untuk berolahraga, dan sering berkomunikasi dengan teman kos juga dapat membantu (Agustin, 2022).



Air putih membantu tubuh dalam menjaga suhu tubuh yang stabil. Saat tubuh terhidrasi dengan baik, proses regulasi suhu tubuh menjadi lebih efisien. Air putih sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi dari organ-organ dalam tubuh kamu.  Hal ini dikarenakan air putih membantu  melancarkan proses pencernaan, penyerapan nutrisi, sirkulasi darah, pembuangan racun, dan fungsi-fungsi lainnya dari organ-organ vital kamu. Salah satu manfaat air putih dalam menyehatkan organ vital adalah membantu dalam menjaga fungsi ginjal. Memiliki asupan cairan yang cukup membantu dalam mengurangi risiko pembentukan batu ginjal dan masalah kesehatan ginjal lainnya. 


Selain itu, air putih juga bisa membantu kamu menghindari makan berlebihan. Terkadang rasa lapar bisa disamarkan dengan rasa haus. Dengan minum cukup air putih, kamu dapat membantu mengurangi rasa lapar yang mungkin disebabkan oleh dehidrasi (Yovita, 2022)


Dalam menjalani kehidupan di perantauan sebagai anak kos, penting untuk memperhatikan gaya hidup sehat. Dengan mengikuti tips yang telah dibahas di artikel ini, diharapkan kamu dapat membangun pola hidup yang sehat. Mari jadikan kesehatan sebagai prioritas utama dalam menjalani kehidupan di perantauan. Ayo mulai hari ini, jaga pola makan, olahraga teratur, tidur yang cukup, dan tetap menjalani aktivitas lebih produktif. Dengan begitu, kamu dapat menikmati kehidupan di perantauan dengan lebih baik dan menjaga kesehatan dengan baik pula.



Sumber:

Adrian, K. (2022). Pentingnya Kebersihan Rumah untuk Menjaga Kesehatan Keluarga. Alodokter. https://www.alodokter.com/pentingnya-kebersihan-rumah-untuk-menjaga-kesehatan-keluarga  

Agustin, S. (2023). 6 Cara Mengatasi Stres yang Mudah dan Efektif. Alodokter. https://www.alodokter.com/ternyata-tidak-sulit-mengatasi-stres 

Ardianti, F. (2020). Tips Mudah Hidup Sehat untuk Anak Kost yang Jauh dari Orang Tua.  Klikdokter. https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-anak/tips-mudah-hidup-sehat-untuk-anak-kost-yang-jauh-dari-orang-tua


Ellis, R.R. (2023). Surprising Reasons to Get More Sleep. webMD. https://g.co/kgs/pWcjcKu


Yovita, N.V. (2022). Manfaat Minum Air Mineral bagi Kesehatan Tubuh. Klikdokder. https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/manfaat-minum-air-mineral-bagi-kesehatan-tubuh 


Yusuf, M. (2023). 7 Tips Menjaga Kesehatan bagi Mahasiswa yang Tinggal di Kos-Kosan. Argumen. 

https://www.argumen.id/ragam/08802319/7-tips-menjaga-kesehatan-bagi-mahasiswa-yang-tinggal-di-kos-kosan