#KaryaSahabatKK: 6 Langkah Mudah Deteksi Dini Kanker Payudara


oleh Lia Puspita Sari (DJITU 2023 Awardee)


Kalau kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Sama halnya untuk penyakit seperti kanker payudara. Daripada menunda sampai gejala sudah parah, lebih baik kita mencegah persebaran sel kanker sedari muda dengan melakukan pemeriksaan mandiri yang sederhana. 


Ada metode yang bisa SahabatKK lakukan bernama SADARI (perikSA payuDAra sendiRI). Penasaran caranya?


Cari tahu caranya di artikel ini, adaptasi konten #KaryaSahabatKK oleh Lia Puspita Sari, DJITU 2023 Awardee asal Nusa Tenggara Barat ini.


Langkah-langkah deteksi dini Kanker Payudara dengan metode SADARI:


Angkat tanganmu di depan cermin. Periksa apakah ada kemerahan atau bengkak di area payudara.


Setelah itu, angkat tanganmu ke belakang kepala dan periksa apakah ada kemerahan pada payudara atau puting.


Letakkan tanganmu di pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga dada menggantung, dan tekan siku ke depan untuk mengencangkan (kontraksi) otot dada.


Tekan payudara dari atas ke bawah dan periksa apakah ada benjolan atau tidak.


Tekan payudara ke arah puting dan lihat apakah ada cairan yang keluar dari puting. 

⚠️Jika puting mengeluarkan cairan, langsung konsultasi ke dokter atau klinik terdekat.


Pada posisi berbaring, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas, dan tekan kembali payudara dengan gerakan memutar. 

⚠️ Jika ada perubahan bentuk, ukuran, serta benjolan yang muncul terus menerus dan terasa sakit, segera konsultasi ke dokter maupun klinik terdekat.


Bagaimana SahabatKK? Semoga tips di atas bisa membantu kamu dalam mengantisipasi kehadiran dan persebaran kanker payudara. Tetap jalani pola hidup sehat ya. Salam sehat 👋



Sumber:


Enam Langkah SADARI untuk Deteksi Dini Kanker Payudara. (2016). Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI. (2016). https://p2ptm.kemkes.go.id/tag/enam-langkah-sadari-untuk-deteksi-dini-kanker-payudara 

6 Langkah SADARI Sebagai Cara Deteksi Dini Kanker Payudara. (2022). Mitra Keluarga. https://www.mitrakeluarga.com/artikel/deteksi-dini-kanker-payudara