Belajar dan Berbagi Lewat Karya:

Rekap Program Internal Media Contributor SahabatKK Batch 1 


Di era serba digital ini, keterampilan membuat konten menjadi hal yang penting untuk dimiliki bagi generasi muda. Mulai dari tugas kampus yang harus di-post ke sosial media sampai adanya pekerjaan seperti Content Creator, Social Media Specialist, Copywriter, dan lain-lain. Selain itu, membuat konten juga bisa jadi wadah untuk menyalurkan kreativitas dan berbagi pengetahuan baru ke masyarakat luas lho SahabatKK!

Maka itu Yayasan Khouw Kalbe menghadirkan program Internal Media Contributor (IMC) untuk memfasilitasi YKK Awardees dalam mengembangkan dan mengekspresikan diri lewat konten. Kedengarannya menarik kan? Yuk simak perjalanan IMC Batch 1 dalam artikel ini!

Program ini dimulai pada awal tahun 2024 yang didesain spesial untuk YKK Awardees sebagai wadah mereka  berbagi dan mengembangkan keterampilannya dalam pembuatan konten yang menarik, edukatif, serta inspiratif. Para pendaftar IMC bebas memilih salah satu dari 3 format konten untuk dibuat selama berlangsungnya program selama 3 bulan; konten grafis, video, dan artikel. Antusiasme yang besar dari para awardees diluar dari ekspektasi kami, ini ditunjukkan dengan adanya 45 orang yang mendaftar. 

Serangkaian aktivitas dilakukan yang diawali dengan onboarding meeting dimana Kak Khoirun (Programme Specialist) mengenalkan program IMC serta tujuan dan Kak Janice (Social Media Specialist Intern) menjelaskan mekanisme program untuk menjadi bekal sebelum menjalani program. YKK Awardees juga diperkenalkan dengan organisational branding serta tips pembuatan konten. Bukan cuma itu, YKK Awardees juga diberikan kesempatan untuk bertanya tentang program ini dan bermain game singkat tentang seberapa cocok sebuah konten contoh untuk di-post di sosial media YKK.

Selama periode Januari - Maret 2024, YKK Awardees berproses dalam memproduksi konten dari pencarian ide, membuat copywriting, dan eksekusi konten. Para Awardees tidak sendiri dalam proses berkarya tapi juga didampingi oleh Tim Program dan Media YKK supaya konten yang mereka buat semakin keren, berkualitas dan pesan juga dapat tersampaikan kepada audiens.

Hasilnya, 52 konten berhasil diproduksi dengan 35 ragam topik, berupa 22 konten grafis, 20 artikel blog, dan 12 video pendek. SahabatKK bisa melihat karya para YKK Awardees pada  website ini dan juga post/video dengan tagar #KaryaSahabatKK di Instagram, TikTok, dan Youtube Yayasan Khouw Kalbe.

Terima kasih kepada teman-teman YKK Awardees yang sudah bertumbuh dan berkarya bersama di program Internal Media Contributor Batch 1! Semoga program ini bisa membawa dampak positif terhadap kemampuan teman-teman dalam produksi media kreatif dan juga memberikan inspirasi bagi komunitas kita.

Nantikan kembali Batch 2 dari program Internal Media Contributor, spesial untuk YKK Awardees!