#KaryaSahabatKK: Mengenal Microlearning dan Cara Penerapannya


Sumber gambar: Canva


oleh Sophia Mikyal Hidayat, penerima Beasiswa Bakti Tani 2022


Tidak selamanya, belajar hanya dilakukan dengan baca buku tebal atau latihan soal berlembar-lembar. Kalau kamu tertarik untuk mendalami 1 topik tapi belum sanggup melakukan hal besar dan belum punya banyak waktu senggang, kamu bisa mencoba microlearning. Cari tahu yuk apa itu microlearning dan beberapa caranya, lewat #KaryaSahabatKK oleh Sophia Mikyal Hidayat, penerima Beasiswa Bakti Tani 2022 asal Jawa Tengah.

Microlearning adalah sebuah metode pembelajaran yang dilakukan dalam waktu singkat dengan memecah materi menjadi unit-unit informasi yang lebih kecil. Metode ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang efektif dan mudah dipahami. 

Manfaat microlearning adalah dapat membuat suatu pengetahuan baru bisa lebih mudah diingat dan lebih efisien waktu karena dapat dipahami dalam waktu yang singkat. Microlearning sendiri cukup efektif jika kalian ingin belajar banyak hal atau ingin menghafal sesuatu dalam satu waktu. Karena konten yang dikonsumsi bentuknya pendek namun padat akan informasi penting, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak usaha.

Selain itu, microlearning juga cocok untukmu yang ingin menambah wawasan akan hal baru dengan cara yang mudah untuk dipahami.

Contoh penerapan microlearning bisa beragam dan akan terus berkembang, jadi banyak pilihan sesuai dengan selera SahabatKK. Beberapa yang populer antara lain adalah dengan:

Menghafal dengan serangkaian kartu yang berisi pertanyaan di satu sisi dan jawaban di sisi lain. Cocok untuk pelajaran hafalan.

Pastikan isi dari video yang kamu tonton untuk melakukan microlearning berasal dari sumber yang kredibel. Jangan sampai kegiatan ini jadi mindless scrolling juga ya SahabatKK!

Belajar dari pengetahuan serta data yang disampaikan dalam bentuk  infografis juga dapat menjadi pilihan kamu untuk bisa mengerti suatu topik yang disertakan fakta-fakta menarik seputar topik tersebut.

Uji pemahaman kamu tentang suatu materi dengan kuis interaktif. Seperti sedang bermain games, melatih pengetahuan dengan kuis interaktif bisa memotivasi kamu untuk mendapat jawaban benar sebanyak-banyaknya.

Kalau kamu merasa terintimidasi untuk membaca artikel panjang atau artikel jurnal, mulailah dengan membiasakan diri melalui membaca artikel-artikel singkat terlebih dahulu.

Cocok untuk SahabatKK yang lebih mudah mengerti materi dengan mendengarkan sesuatu. Mendengarkan podcast bisa dilakukan sambil melakukan aktivitas lain seperti jalan kaki atau membereskan rumah.

Siapa bilang bermain games hanya dilakukan untuk keperluan hiburan? Bermain games yang tepat bisa memberi kamu pengetahuan baru atau melatih kemampuan kamu. 


Wah, seru-seru ya kedengarannya! Bagaimana SahabatKK, ingin mencoba belajar dengan microlearning?