10 Pilihan Jurusan Kuliah Untuk Kamu si Anak IPA


Wah, tidak terasa tahun depan sudah mau lulus SMA…

Untuk SMA yang jurusan IPA, sebaiknya kuliah di Fakultas dan jurusan apa ya?


Hai SahabatKK calon mahasiswa!


Memilih jurusan kuliah memang terkadang menjadi bagian yang paling membingungkan bukan? Salah satu tips yang bisa kamu pakai adalah memilih jurusan yang sesuai dengan bidang pendidikan yang kamu tempuh sebelumnya di SMA. Sebagai contoh, biasanya di SMA ada peminatan IPA, IPS, Agama, hingga Bahasa.


Nah, kali ini, salah satu peminatan yang akan dibahas adalah IPA. Kira-kira, apa saja ya rekomendasi pilihan jurusan dan fakultas untuk anak IPA?


Pilihan Fakultas

Salah satu pilihan fakultas untuk anak IPA adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau yang lebih dikenal dengan FMIPA. Seperti namanya, fakultas ini berisi berbagai jurusan yang berkaitan dengan ilmu pasti yaitu matematika dan IPA. Beberapa jurusan yang tersedia di masing-masing kampus mungkin berbeda sesuai dengan kebijakannya. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa jurusan yang bisa kamu pilih di FMIPA:


Pilihan Universitas

Beberapa pilihan Universitas di Indonesia yang menyediakan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yaitu:


Lulus dari jurusan ini, nantinya gelar yang didapat adalah S.Si atau Sarjana Sains. Dari sini, kamu dapat berkarir sebagai peneliti, bekerja di industri kesehatan dan farmasi, bekerja di lembaga Pemerintahan seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) hingga Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menjadi data scientist, hingga menjadi konsultan keuangan loh! Di antara berbagai macam jurusan yang tersedia, mana yang akan jadi pilihanmu? 


Wujudkan mimpi kamu untuk berkuliah di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam bersama program BESTARI (Beasiswa Untuk Anak Perempuan Indonesia), sebuah hasil inisiasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yayasan Khouw Kalbe, dan UNFPA Indonesia yang bertujuan untuk memberdayakan anak-anak perempuan Indonesia di bidang pendidikan, terutama perguruan tinggi. Beasiswa ini terbuka siswi kelas 12 SMA/K/sederajat, mahasiswi semester 1, dan lulusan SMA/K/sederajat yang saat ini tidak berkuliah (maksimal 3 tahun sejak kelulusan).


Ada 11 target bidang studi yang ditargetkan untuk beasiswa ini dan salah satunya adalah bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jadi tunggu apa lagi, daftarkan diri kamu untuk BESTARI Batch 2 sebelum 31 Oktober 2023 di https://bit.ly/DaftarBESTARI-Batch2. Jangan lupa baca buku panduan BESTARI Batch 2 (https://bit.ly/PanduanBESTARI2023-Batch2) untuk memastikan kamu memenuhi syarat pendaftaran ya.


Semoga bermanfaat!


#YayasanKhouwKalbe #BeasiswaPendidikan #BeasiswaPerempuan #PerempuanBerdaya

#BeasiswaBESTARI #InfoBeasiswa #BeasiswaKuliah


Sumber:

Info Kuliah, Jurusan, dan Syarat Masuk Fakultas MIPA UI

30 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA, Mana yang Paling ‘Kamu’ Banget?