Kamu Tertarik Dengan Bidang IT? Yuk, Masuk Jurusan Ilmu Komputer


Sumber gambar: Canva


Hidup di era yang serba digital seperti saat ini, rasanya teknologi bukan jadi barang baru dan hal yang aneh lagi. Apalagi, dengan perkembangan teknologi yang terus meningkat pesat dari tahun ke tahun yang diikuti dengan kecepatan internet yang kini sudah masuk ke desa-desa.


Berbagai kemudahan pun hadir dengan adanya perkembangan teknologi ini. Mulai dari belanja, berbisnis, bertransaksi, hingga kemudahan yang dihasilkan untuk menyelesaikan pekerjaan dan tugas sekolah. Nah, jika kamu sangat tertarik untuk memperdalam tentang komputer dan teknologi di dalamnya, jurusan Ilmu Komputer sangat cocok untukmu. Untuk mengetahui lebih dalam apa saja yang akan dipelajari dan bagaimana peluang karir kedepannya, yuk simak artikel ini sampai habis!


Apa Yang Dipelajari?

Beberapa kampus ada yang menjadi jurusan komputer sebagai satu fakultas sendiri yaitu Fakultas Ilmu Komputer, ada juga yang masih tergabung dalam Fakultas Teknik Informatika.


Pada semester awal, kamu akan mempelajari mata kuliah umum seperti matematika hingga bahasa. Baru pada semester tiga atau empat tergantung kebijakan masing-masing kampus, mata kuliah yang dipelajari semakin spesifik, seperti:


Selama berkuliah, kamu akan berhubungan langsung dengan komputer. Jadi, bukan hanya sekedar teori tapi juga praktek langsung. Wah, seru nih langsung praktek! Lulus dari jurusan ini, nantinya gelar yang akan didapat adalah S.Kom atau Sarjana Komputer untuk S1 dan A.Md.Kom atau Ahli Madya Komputer untuk D3.


Peluang Karirnya Bagaimana?

Seperti disebutkan sebelumnya, perkembangan teknologi yang begitu pesat dan berbagai sektor telah memanfaatkan komputer, bisa dibilang jurusan ini memiliki peminat yang banyak dengan peluang karir yang sangat luas. Baik lembaga dan perusahaan pemerintah hingga lembaga dan perusahaan swasta dalam ukuran kecil dan besar sangat membutuhkan orang yang memiliki keahlian komputer.


Sebagai gambaran, berikut beberapa peluang kerja dari jurusan ilmu komputer:


Pilihan Universitas

Fakultas Ilmu Komputer di setiap kampus menjadi pilihan yang ramai peminat karena peluang kerjanya yang begitu luas. Berikut adalah beberapa rekomendasi kampus yang bisa kamu pilih:


Melihat potensi kedepannya dengan teknologi dan internet yang akan berkembang pesat, jurusan Ilmu Komputer dipastikan tidak akan sepi peminat karena lulusannya akan terus dicari dan dibutuhkan. Semoga bermanfaat!


#YayasanKhouwKalbe #BeasiswaPendidikan #BeasiswaPerempuan #PerempuanBerdaya

#BeasiswaDJITU


Sumber:

Jurusan Ilmu Komputer. (n.d.). Quipper Campus. https://campus.quipper.com/majors/id-ilmu-komputer 


Purbowati, D. (2023). Jurusan Ilmu Komputer: tentang Kuliahnya, Prospeknya, hingga Kampusnya. Aku Pintar. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/jurusan-ilmu-komputer-tentang-kuliahnya-prospeknya-hingga-kampusnya