Googling Tidak Perlu Pusing Lagi dengan 4 Tips Berikut Ini!


Sumber gambar: Canva


Di era modern ini, penggunaan situs pencarian tidak lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya adalah Google. Tahukah kamu bahwa ada sebanyak 8,5 miliar pencarian setiap harinya dalam situs tersebut? Namun, apakah dari angka sebanyak itu, orang yang mencari informasi sudah mendapatkan apa yang ia inginkan?


Kita kerap kali bisa menghabiskan waktu yang lama karena belum menemukan, informasi yang kita inginkan. Untungnya, ada beberapa trik yang bisa kamu gunakan saat mencari informasi supaya lebih akurat. Penasaran? Yuk simak di artikel ini!


Menggunakan tanda petik 2 di awal dan akhir pencarian kamu memastikan bahwa kata-kata yang diapit tersebut tidak akan ada yang hilang atau tertukar urutannya. 

Contohnya, apabila kamu ingin mencari resep nasi goreng, hasil yang keluar bisa saja bertuliskan resep nasi dan ayam goreng. Maka itu, ketik “resep nasi goreng” saat kamu searching supaya yang keluar tidak terpotong atau terselip kata lain.

Terkadang ketika kita menulis frasa ‘yang bukan’ atau ‘kecuali’, yang keluar malah hal yang mau kita kecualikan. Supaya memangkas waktu, gunakan tanda pisah (-) supaya kata/frasa yang mau kamu kecualikan langsung terpisah (?) dari pencarian kamu. 

Contohnya, ketika mau mencari masakan untuk anak kos yang bukan mie instan, ketik resep anak kos -mie instan di kolom pencarian.

Banyak situs yang menyediakan fitur pencarian di dalamnya untuk memudahkan mencari informasi yang ada di dalamnya. Akan tetapi, terkadang yang muncul malah informasi-informasi lain yang tidak berhubungan dengan apa yang ingin kita lihat. Maka itu, gunakan kata site:/ situs:, lalu diikuti situs yang ingin kamu cari informasi di dalamnya.

Contohnya, kalau kamu mau mencari informasi tentang beasiswa Yayasan Khouw Kalbe hanya di situs LinkedIn saja, ketik beasiswa Yayasan Khouw Kalbe situs: linkedin.com

Apabila ada bagian yang kamu lupa atau tidak tahu dari pencarian kamu, kamu bisa menggunakan tanda bintang (*) untuk menutupi bagian tersebut. 

Contohnya, apabila kamu ingin mencari tahu tentang sebuah peribahasa namun lupa kata-kata lengkapnya, ketikkan saja bagian yang kamu ingat dan ganti bagian yang kamu lupa dengan * seperti ini: Bersatu kita teguh, * kita runtuh

Bagaimana SahabatKK? Yuk, manfaatkan kemajuan teknologi sebagai sarana belajar hal-hal baru! Semoga bermanfaat dan jangan lupa dipraktikkan ya 😁

Sumber:

Flensted, T. (2024). How Many People Use Google? Statistics & Facts (2024). SEO. https://seo.ai/blog/how-many-people-use-google#:~:text=Google%20processes%20approximately%2099%2C000%20search,trillion%20global%20searches%20per%20year