Sering Disepelekan, Ternyata ini Rahasianya Supaya Kamu 

Nggak Kehabisan Waktu saat Ujian!

Sumber gambar: Canva


Selain takut lupa materi yang dipelajari, salah satu hal yang dikhawatirkan pelajar tentang ujian adalah kehabisan waktu. Penyebabnya bisa macam-macam, mulai dari manajemen waktu yang kurang baik dalam urutan mengerjakan soal, berpikir terlalu lama, atau tidak kunjung menemukan jawaban yang diinginkan. Tidak perlu dilanjutkan khawatir-khawatirnya karena ketakutan kamu bisa diatasi kok! Yuk simak 6 tips simple berikut ini!

Seperti yang disebutkan di atas, kadang pelajar kehabisan waktu saat ujian karena ‘nyangkut’ di soal-soal yang sulit. Hal ini juga ‘didukung’ dengan nasihat-nasihat yang mendorong pelajar untuk mengerjakan soal yang memerlukan waktu banyak dahulu karena biasanya memiliki bobot nilai lebih banyak. Namun tidak semua orang cocok dengan tips ini dan ujung-ujungnya malah kehabisan waktu untuk menjawab soal lain. Maka dari itu, kamu bisa memulai dari menjawab soal yang lebih mudah dahulu.

Nampaknya berlawanan dengan tips di atas, tapi prinsipnya tetap sama kok SahabatKK. Kalau kamu lebih suka menulis dan otak kamu lebih mudah ‘didorong’ dengan menulis, kerjakan soal esai terlebih dahulu. Kuncinya adalah alokasikan waktu kamu dengan baik, membuat kerangka esai juga bisa membantu supaya menghindari stuck di tengah-tengah pengerjaan esai.

Mengerjakan ujian dengan hanya membaca soal sekilas karena takut kehabisan waktu, malah bisa membuat kamu memakan banyak waktu saat mengecek kembali jawaban kamu. Oleh karena itu, gunakan waktumu dengan mindful saat membaca soal. Perhatikan kata dan frasa yang rentan mengecoh seperti ‘kecuali’, ‘yang bukan’, atau ‘tidak’.

Mengecek jawaban setelah kamu selesai penting untuk melihat apakah kamu menjawab pertanyaan sesuai instruksi atau apakah ada jawaban yang terlewat dari isian/esai kamu. Biasanya, pelajar menunda melakukan kegiatan ini dan baru heboh saat diminta guru/dosen untuk mengecek jawaban di menit-menit terakhir selesainya ujian. Yuk gunakan waktu kamu dengan bijak!

Kerjakan ujian daring di tempat yang nyaman dan tidak banyak distraksi. Harus dua-duanya ya SahabatKK, karena beberapa tempat nyaman malah membuat kita tergoda lewat distraksi yang ada (contoh: tergoda untuk tidur/baring atau tergoda mencium wangi makanan). Hindari kebisingan, termasuk notifikasi-notifikasi hp, agar kamu bisa tenang saat mengerjakan ujian sehingga konsentrasi kamu tidak terpecah.

Meskipun sudah mengerjakan di tempat dengan sinyal terbaik dan membersihkan hal-hal yang menumpuk di perangkat yang kamu gunakan untuk ujian daring, kamu tidak akan 100% terhindar dari error dalam teknologi. Bisa saja ketika kamu mau memencet tombol ‘kumpul’ terjadi error sehingga jawaban kamu memerlukan waktu bermenit-menit untuk masuk ke sistem. Oleh karena itu, antisipasi kejadian ini dengan menyisakan waktu 3-5 menit untuk mengirim jawaban supaya jawaban kamu bisa dikumpulkan tepat waktu.

Demikian 6 tips yang bisa kamu praktikkan supaya tidak khawatir kehabisan waktu saat ujian. Jadikan waktu sebagai temanmu saat mengerjakan ujian, bukan musuh. Semangat dan semoga sukses!