Dampak Buruk Sistem Kebut Semalam (SKS)

Sumber gambar: Canva

oleh Carmelita Winnie Joceline, penerima Beasiswa BESTARI Batch 1 asal Kalimantan Barat


“Lebih baik tidur daripada mengerjakan tugas.”


Siapa di sini yang masih sering menunda pekerjaan atau tugas dengan kalimat seperti itu dan memilih untuk mengerjakannya H-1 pengumpulan sampai tidak tidur? Banyak masyarakat Indonesia yang sering berpikiran bahwa sistem kebut semalam merupakan tindakan yang benar dan dapat menunjang nilai pekerjaan atau tugas jauh lebih tinggi daripada dicicil dari beberapa hari sebelumnya. 


Tetapi, tahukah kalian bahwa sistem kebut semalam ini mempunyai beberapa dampak negatif yang bisa berpengaruh besar dalam pekerjaan atau penugasan yang kalian lakukan? 


Yuk cermati dan simak lebih lanjut 4 dampak dari sistem kebut semalam untuk pekerjaan dan penugasan!


Dikarenakan banyak tekanan yang diberikan kepada otak dan fisik, kamu akan kehilangan energi yang banyak juga sehingga membuat otak serta fisik kita semakin mudah untuk lelah.


Memaksa diri mengerjakan tugas hanya dalam waktu satu malam saja dapat mengurangi jam tidur normal yang seharusnya 8 jam. Hal ini dapat membuat badan menjadi cepat lemas dan tidak berenergi. 


Menurut laman Kementerian Kesehatan, remaja berusia 12-18 tahun harus memiliki jam tidur selama 8-9 jam dan untuk usia 18-40 tahun, jam tidur yang harus dimiliki adalah 7-8 jam.


Kurangnya jam tidur mengakibatkan konsentrasi di otak akan berkurang dan dapat membuat seseorang menjadi; 


Siapa nih di sini yang masih melakukan sistem kebut semalam untuk menaikkan performa akademisnya? Justru, untuk SahabatKK sekalian yang sedang bertempur untuk menaikkan performa akademis, tindakan seperti sistem kebut semalam ini tidak dianjurkan ya!  Kondisi fisik dan otak yang tidak baik akan membuat performa akademis kamu (seperti ketelitian, konsentrasi, daya ingat yang lebih tinggi, serta kualitas pencapaian) menurun dan tidak stabil.


Nah, gimana nih buat SahabatKK yang masih sering melakukan sistem kebut semalam kalau dikasih tugas, padahal hal-hal tersebut bisa dicicil dari hari-hari sebelumnya? Mulai sekarang berubah yuk karena dampak negatifnya bisa sangat berpengaruh pada kesehatan dan bisa berubah menjadi jauh lebih buruk lagi!


Sumber :

Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan oleh Tubuh. (n.d). Unit Pelayanan Kementerian Kesehatan RI. https://upk.kemkes.go.id/new/lama-waktu-tidur-yang-dibutuhkan-oleh-tubuh