Isi Waktu Menunggu Buka Puasa dengan 5 Ide Kegiatan Ngabuburit Ini

Sumber gambar: Canva



Ketika sedang menahan lapar dan dahaga di bulan puasa, kadang waktu rasanya berjalan lama saat menunggu jam buka puasa. Daripada tidur-tiduran tanpa tujuan, manfaatkan waktu ngabuburit atau menjelang adzan magrib dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, mudah, dan ramah kantong pelajar berikut:

Kata orang-orang, membaca adalah kegiatan dimana waktu sering tidak berasa. Lagi seru-serunya membalikkan halaman buku, ternyata sudah 1 jam berlalu. Maka itu, carilah buku yang bukan hanya menarik, tapi juga bermanfaat untuk kamu. Seperti contohnya buku pengembangan diri, biografi tokoh inspiratif, atau tentang suatu bidang keilmuan yang membuat kamu tertarik. Hitung-hitung sekali mendayung, 2-3 pulau terlampaui!

Daripada bercerita diiringi emosi negatif yang akan menguras energi, tuangkan perasaan kamu ke dalam tulisan jurnal, baik itu yang berbentuk kertas atau digital. Menulis jurnal refleksi akan membuat kamu lebih tenang dan lebih mindful karena seperti berbicara dengan diri sendiri. Saat melakukan refleksi, siapa tahu kamu juga dapat pencerahan akan masalah atau kebingungan yang kamu hadapi.

Olahraga sering dikaitkan sebagai kegiatan yang membuat lapar dan haus karena mengeluarkan banyak tenaga. Namun, kamu juga perlu menggerakan tubuh di bulan puasa supaya rasa malas dan kantuk semakin tidak menjalar. Tentu jenis olahraga yang bisa jadi pilihan kamu di bulan puasa adalah olahraga ringan yang tidak intens. Contohnya seperti jalan kaki, olahraga peregangan (yoga, pilates, dll), dan bersepeda santai.

Gunakan momentum bulan Ramadan untuk mulai lebih dekat dengan Sang Pencipta. Siapa tahu kamu bisa mendapat perspektif dan ilmu baru tentang agama dari materi/khotbah yang diberikan. Kamu bisa mengikuti pengajian di masjid terdekat atau yang dilakukan secara daring.

Pengen beli takjil dan lauk di luar, tapi antriannya panjang. Belum lagi, banyak restoran atau cafe yang baru melayani di jam buka puasa. Selain itu, ada kemungkinan tempat-tempat makan di sekitar kamu sudah ramai dengan orang yang memesan tempat dari jauh-jauh hari.

Daripada bingung-bingung atau ujung-ujungnya masak mie instan lagi, yuk coba buat kreasi menu baru untuk buka puasa. Selain menambahkan variasi menu makanan, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan memasak lho!


Berikut adalah rekomendasi kegiatan ngabuburit yang tidak ribet dan bermanfaat positif. Semoga membantu dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi SahabatKK yang merayakan! Semoga lancar-lancar ya :)