Kuliah Jurusan Peternakan, Kerjanya Jadi Apa?


“Kamu kuliah peternakan? Nanti lulusnya jadi peternak dong?...”


Wah, kalimat ini sering diucapkan ketika mendengar jurusan peternakan. Padahal, di jurusan peternakan ruang lingkup dari mata kuliah yang dipelajari begitu luas. Mulai dari pemeliharaan hewan, pengembangan teknologi, sampai kepada pemasaran hewan ternak dan hasil ternaknya. Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengembangkan sistem peternakan di desamu menjadi lebih modern. Nah, biar semakin paham dengan jurusan peternakan, yuk kita bahas tuntas!


Mata Kuliah

Sama seperti jurusan lainnya, di semester awal kamu akan mempelajari ilmu-ilmu umum yang nantinya akan saling berhubungan dengan peternakan. Seperti fisika, matematika, kimia, biologi, hingga bahasa Inggris. Kenapa itu semua dipelajari?


Semua itu, perhitungannya akan sangat bermanfaat jika kamu ingin membuat kandang hewan yang memerlukan ilmu mengenai kondisi iklim, suhu lingkungan, kemiringan lahan, tingginya bangunan, luas bangunan, dan lain sebagainya. Menarik bukan?


Masuk ke semester tiga, mata kuliah yang dipelajari mulai spesifik membahas tentang pertanian, yaitu:


Mata kuliah ini akan berbeda sesuai dengan kebijakan masing-masing kampus. Selain itu juga kamu akan mempelajari tentang sosiologi, ekonomi, pemasaran, penyuluhan, dan komunikasi pembangunan. Ternyata yang dipelajari bukan hanya soal peternakan loh.


Peluang Kerja

Setelah melihat berbagai mata kuliah yang akan dipelajari, rasanya peluang kerja jurusan peternakan bukan hanya menjadi peternak saja. Tapi bisa lebih luas dari itu seperti:

Bukan hanya industri swasta saja yang butuh lulusan dari jurusan peternakan, ternyata lembaga pemerintah juga loh. Kamu bisa mendaftarkan diri di Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Lingkungan Hidup.


Pilihan Universitas

Kalau kamu semakin tertarik memilih jurusan peternakan setelah melihat mata kuliah yang akan dipelajari serta peluang kerja yang ada, berikut ini adalah beberapa rekomendasi kampus yang bisa kamu pilih:


Lulus dari jurusan peternakan kamu akan mendapatkan gelar S.Pt atau Sarjana Peternakan. Sekarang sudah semakin paham bukan? Bahwa jurusan peternakan bukan hanya menjadi peternak saya ketika lulus nanti. Pilihan peluang kerja yang luas memberikan kesempatan kamu untuk mengeksplor lebih banyak tentang jurusan ini. Semoga bermanfaat!


#YayasanKhouwKalbe #BeasiswaPendidikan #BeasiswaPerempuan #PerempuanBerdaya

#BeasiswaDJITU


Sumber:

Kuliah di Jurusan Peternakan, Belajar Apa Aja Sih?

Peternakan