Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Apa Yang Dipelajari dan Bagaimana Peluang Kerjanya


Hai SahabatKK!


Berbicara tentang fakultas yang paling banyak peminatnya, fakultas ekonomi menjadi salah satunya karena banyak dicari di dunia kerja dengan peluang kerja yang begitu luas. Nah, buat kamu yang mau melanjutkan kuliah mengambil fakultas ekonomi, yuk kita bahas apa saja yang akan kamu pelajari dan peluang kerja dari fakultas ini!


Jurusan

Kalau melihat definisi fakultas yang diibaratkan sebagai batang pohon dan jurusan adalah ranting-rantingnya, fakultas ekonomi umumnya juga memiliki berbagai jurusan yang tentunya berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing kampus. Sebagai gambaran, berikut beberapa jurusan yang bisa kamu ambil jika memilih fakultas ekonomi.


Peluang Kerja

Seperti sudah dibahas sebelumnya, karena fakultas ekonomi berhubungan langsung dengan perhitungan matematis dan bisnis, lulusannya memang banyak dicari di dunia kerja. Sebagai gambaran, berikut beberapa jenjang karir yang bisa kamu ambil setelah lulus dari fakultas ekonomi.

Setiap bisnis butuh orang yang paham pajak terutama yang omset tahunannya sudah memenuhi sebagai wajib pajak. Dengan gelar yang kamu raih berupa Sarjana Ekonomi kamu bisa mendaftar sebagai Tax Planner di Kantor Akuntan Publik, menjadi Tax Advisor di Kantor Konsultan Pajak, hingga mendirikan Kantor Konsultan Pajak pribadi.

Lingkup kerjanya adalah menjadi penasihat keuangan bagi seseorang ataupun perusahaan. Selain itu memastikan tujuan keuangan seseorang atau perusahaan tersebut tercapai sesuai target waktu yang diinginkan.

Dengan gelar Sarjana Ekonomi yang kamu miliki, kamu bisa berprofesi sebagai guru ekonomi di sekolah menengah ataupun sebagai dosen di universitas. Kalau berminat untuk memperdalam lagi, kamu bisa mengambil S2 yang nantinya kamu bisa berprofesi sebagai dosen.

Lingkup kerjanya adalah memeriksa laporan keuangan suatu perusahaan apakah sudah sesuai atau belum dengan standar keuangan Indonesia. Selain itu juga bertugas membuat laporan pajak perusahaan agar terhindar dari kesalahan.

Di zaman bisnis online seperti ini, posisi digital marketer banyak dibuka dan dicari oleh perusahaan. Ruang lingkup kerjanya pun beragam. Mulai dari Search Engine Optimization (SEO) Specialist, content marketing, social media marketing, copywriter, digital marketing consultant, dan Key Opinion Leader (KOL) Specialist.

Lingkup kerjanya adalah melakukan penelitian pasar untuk menyediakan analisis bagi perusahaan untuk menciptakan sebuah produk.

Lingkup kerjanya berupa mengumpulkan, menginterpretasikan, dan mengolah data yang membantu perusahaan dalam membuat keputusan terkait perekonomian.

Lingkup kerjanya berupa memperkirakan kemungkinan risiko dari suatu peristiwa yang akan berdampak pada bisnis.

Selain berkarir di perusahaan, seorang Sarjana Ekonomi juga memiliki peluang untuk mengembangkan dan mendirikan bisnisnya sendiri dengan ilmu yang sudah dipelajari selama kuliah. Pilihan karir ini sangat cocok untuk kamu yang berjiwa bebas dan ingin mengekspresikan kreativitas tanpa dibatasi.


Itulah beberapa gambaran tentang peluang karir bagi kamu yang mengambil fakultas ekonomi. Semoga bisa menjadi gambaran untuk jenjang karirmu kedepannya. Semoga bermanfaat!


#YayasanKhouwKalbe #BeasiswaPendidikan #BeasiswaPerempuan #PerempuanBerdaya

#BeasiswaDJITU


Sumber:

Napitupulu, S. (2024). 20 Prospek Kerja Sarjana Ekonomi yang Menjanjikan. https://glints.com/id/lowongan/prospek-kerja-sarjana-ekonomi/#.ZEn8x3ZBzIV