#KaryaSahabatKK: Hemat dan Bijak, Tips Pengelolaan Keuangan untuk Anak Kos


Sumber gambar: Canva


oleh: Nadia Vincy, peraih Beasiswa DJITU 2023


Halo SahabatKK, sini ngumpul yang anak kos! Bagaimana pengeluaran kamu ketika mulai menjadi anak kos? Fase ketika baru menjadi anak kost tentunya berat bagi kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan belum terbiasa mengatur keuangan sendiri. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips bagi SahabatKK yang baru menjadi anak kos agar dapat mengatur keuangan dengan baik.

1.Membuat daftar belanjaan 

Kegiatan ini memiliki sejumlah manfaat yang dapat membantu SahabatKK dalam mengelola pengeluaran dan waktu belanja. Manfaat lainnya adalah kamu tidak akan  berbelanja secara berlebihan serta tidak melewatkan barang yang perlu dibeli. Jadi, SahabatKK akan membeli barang sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan. 

2. Mencatat pengeluaran

Mencatat pengeluaran memiliki manfaat signifikan dalam mengelola keuangan secara efektif. Dengan mencatat setiap transaksi, SahabatKK dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana uang kamu digunakan. Selain itu, mencatat pengeluaran juga meningkatkan kesadaran finansial, memungkinkan kamu untuk membuat keputusan yang lebih cerdas 

3. Mengatur pengeluaran per hari 

Dengan cara ini, SahabatKK dapat mengontrol dan memantau seberapa banyak yang dihabiskan setiap hari, mencegah terjadinya pemborosan atau pengeluaran impulsif. 

Kamu juga dapat membuat prioritas keuangan yang memiliki dampak positif yang sangat besar pada pengelolaan keuangan pribadi. Selanjutnya, membuat prioritas keuangan membantu kamu untuk fokus pada tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. 

4. Memasak sendiri

Memasak di kos dapat membantu  kamu mengontrol bahan-bahan yang digunakan dan menghindari biaya tambahan yang sering terdapat di tempat makan lainnya. Selain berhemat, memasak sendiri juga dapat menciptakan kebiasaan hidup yang sehat karena bahan-bahan yang digunakan tentu lebih terjamin aman.

5. Mengurangi kegiatan tidak penting

Kegiatan tidak penting yang dimaksud misalnya nongkrong di cafe atau jalan-jalan yang dapat menambah pengeluaran yang seharusnya bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lebih penting. Pengeluaran untuk makanan di luar atau di restoran serta pengeluaran untuk transportasi sering menjadi alasan utama. Selain itu, terdapat juga biaya-biaya tambahan yang mungkin muncul selama perjalanan seperti tips, biaya parkir, atau pengeluaran darurat.

6. Menyisihkan uang

Rutin menyisihkan sebagian uang bulanan bisa membangun dana darurat untuk menghadapi kebutuhan mendesak tanpa harus tergantung pada pinjaman atau bantuan dari orang lain. Selain itu, kebiasaan ini membantu mengajarkan disiplin finansial, memperkuat kemampuan perencanaan, dan meningkatkan kesadaran terhadap nilai uang.

7. Memanfaatkan fasilitas gratis di kampus

Ketika SahabatKK sedang ada di kampus, manfaatkan fasilitas-fasilitas yang menjadi hak kamu sebagai mahasiswa dengan bijak. Misalnya menggunakan Wi-Fi gratis yang dapat menghemat pengeluaran untuk membeli paket data. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti berbagai acara di kampus dimana biasanya tersedia makanan gratis atau benefit lainnya. Event kampus sangat beragam, begitu pula dengan benefit-nya. Misalnya, kelas makeup yang dimana kamu bisa dapat produk gratis dan keterampilan untuk menggunakan produk tersebut.


Sumber:

Aeni, S .N. (2022). 10 Cara Hemat Uang Bulanan, Anak Kos Wajib Tahu. https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/62b07a84dbd63/10-cara-hemat-uang-bulanan-anak-kos-wajib-tahu

Tauran, E. (2023). Tips Makan Hemat Untuk Anak Kost? Berikut Penjelasannya!. https://danacita.co.id/blog/tips-makan-hemat-untuk-anak-kost-berikut-penjelasannya/.

Fimela. (2022). 6 Tips Makan Hemat untuk Anak Kost. https://www.fimela.com/lifestyle/read/5129081/6-tips-makan-hemat-untuk-anak-kost

Ismi, T. (2023). 12 Tips Hemat yang Perlu Dilakukan oleh Anak Kos. https://glints.com/id/lowongan/tips-hemat-anak-kos/