Rayakan Hari Kasih Sayang dengan Mempraktikkan 

5 Bahasa Kasih Untuk Diri Sendiri


Sumber gambar: Canva


Apa yang terlintas di benak kamu tentang tanggal 14 Februari? Kebanyakan orang, dan mungkin juga kamu, langsung teringat akan Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang. Perayaan ini biasanya identik dengan menghadiahkan cokelat atau bunga ke orang yang dikasihi, seperti teman dan keluarga. Namun di tengah euforia perayaan berbagi ungkapan kasih sayang ke sesama, terkadang kita sebagai manusia suka lupa untuk menyayangi diri sendiri.


“Kenapa sih mencintai dan menyayangi diri sendiri itu penting? Apa aja manfaatnya?”


Dilansir dari Fimela, mencintai diri sendiri bisa: 


Lalu, apa saja cara-cara yang bisa dilakukan untuk menyatakan kasih sayang ke diri sendiri? Kamu bisa menggunakan konsep 5 Bahasa Kasih (Love Language) dari Gary Chapman. Meskipun konsep ini dicetuskan pada tahun 1992, yuk simak apa saja 5 Bahasa Kasih (love language) tersebut dan bagaimana cara mempraktikannya sebagai bentuk kasih sayang ke diri sendiri!


Bukan hanya dengan orang lain, kita juga harus memiliki waktu untuk diri sendiri, atau yang biasanya disebut dengan me time. Nah, kamu juga harus pastikan bahwa sesi me time tersebut juga berkualitas dan memberikan manfaat positif bagi diri kamu, terutama untuk kesehatan fisik dan mental. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan tidak perlu ribet, berikut adalah beberapa contoh kegiatan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memiliki quality time dengan diri sendiri:


Mungkin kamu pernah mendengar bahwa kata-kata adalah doa. Jangan sampai kamu tenggelam dengan kata-kata negatif dari orang lain yang terus berulang-ulang di pikiran kamu, maupun yang diutarakan pikiran kamu. Kata-kata afirmasi yang positif dapat memotivasi kamu dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa menulis atau mengucapkan kata-kata afirmasi positif untuk membantu memulai hari kamu dengan semangat baru. Beberapa contoh kata-kata afirmasi positif yang bisa kamu katakan ke diri sendiri adalah:


Melakukan tindakan pelayanan (acts of service) untuk diri sendiri dapat membantu kamu dalam membuat hidup lebih teratur. Contoh-contoh tindakan yang bisa kamu lakukan adalah:


Tidak harus mahal-mahal dan sering-sering, sesekali memberikan hadiah untuk diri kamu sendiri bisa menjadi metode untuk menghargai diri sendiri atas pencapaian yang diraih. Berikut adalah beberapa cara ‘menghadiahi’ diri sendiri yang bisa kamu terapkan:


Kesehatan fisik sama pentingnya dengan kesehatan mental. Faktanya, kondisi kesehatan fisik kita juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan mental lho, SahabatKK. Datangkan perasaan senang ke diri sendiri dengan:


Jangan tunggu perayaan Hari Kasih Sayang tahun depan untuk mulai memberi kasih sayang ke dirimu sendiri karena menyayangi diri sendiri itu harus menjadi hal yang dilakukan sehari-hari. Semoga bermanfaat!


Sumber:

Wijayanti, E. (2022). 5 Alasan Mencintai Diri Sendiri Bisa Membuatmu Makin Bahagia. https://www.fimela.com/relationship/read/5065491/5-alasan-mencintai-diri-sendiri-bisa-membuatmu-makin-bahagia