Apa Itu Jurusan Sistem Informasi?


Sumber gambar: Canva


oleh: Della Erlina - Penerima Beasiswa BESTARI Batch 1, Sumatera Selatan


Perkembangan teknologi yang kian agresif membuat  kampus-kampus di Indonesia harus mengambil peran dalam mengikuti perkembangan zaman, yaitu dengan menyediakan wadah bagi anak bangsa untuk bisa bersaing di dunia teknologi. Salah satu upayanya adalah dengan  menyediakan program studi yang erat kaitannya terhadap teknologi. Jurusan Sistem Informasi adalah salah satu jurusan kuliah dalam bidang teknologi yang menarik untuk dipelajari. 

Jurusan Sistem Informasi (SI) adalah salah satu jurusan di bidang Ilmu Komputer yang fokus pada pengembangan dan penerapan teknologi informasi dalam konteks bisnis dan organisasi.Singkatnya Jurusan ini menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Lalu apakah Jurusan Sistem Informasi sama dengan Jurusan Teknik Informatika dan Jurusan Ilmu Komputer?

Jurusan Sistem Informasi juga mempelajari dunia koding seperti mengenal apa saja bahasa pemrograman namun tidak sekompleks anak Teknik Informatika yang memang lebih difokuskan akan algoritma pemrogramannya. Jurusan Sistem Informasi lebih identik dengan analisisnya untuk memenuhi  kebutuhan pengguna sebelum menjadi sebuah projek yang hasil akhirnya berbentuk aplikasi atau sebuah sistem yang diinginkan. Itulah mengapa jurusan ini disebut gabungan Ilmu Komputer dengan bisnis dan manajemen. Jurusan ini tidak berfokus pada hardware (perangkat keras) komputer seperti jurusan Ilmu Komputer, tetapi lebih difokuskan akan software (perangkat lunak) dan analisisnya. 

Masuk Jurusan Sistem Informasi bisa jadi apa sih? Nah, dari pembahasan sebelumnya ada banyak profesi di bidang Sistem Informasi, contohnya adalah:


Wah, ternyata banyak sekali ya prospek pekerjaannya! Penghasilan atau gaji dari profesi yang telah disebutkan tersebut juga sangat menjanjikan lho. Tidak heran jika Jurusan Sistem Informasi menjadi salah satu jurusan yang persaingannya cukup ketat di berbagai kampus terutama kampus Indonesia, karena lulusan jurusan Sistem Informasi sangat dibutuhkan  banyak bidang, baik itu bidang kesehatan, pemerintahan, pendidikan, keamanan bahkan di bidang bisnis. 

Nah itu dia sekilas tentang Jurusan Sistem Informasi, apakah SahabatKK tertarik akan jurusan ini? Mungkin bisa nih bagi SahabatKK yang tertarik untuk mempelajari hal-hal seputar teknologi namun belum tahu dan masih bingung mau masuk kuliah jurusan apa, bisa jadikan Jurusan Sistem Informasi sebagai targetnya.


Sumber:


Marcel, J. (2023). Apa Itu Sistem Informasi. https://stekom.ac.id/artikel/apa-itu-sistem-informasi

Nanda, S. (2023). Jurusan Sistem Informasi: Mata Kuliah hingga Prospek Kerjanya. https://www.brainacademy.id/blog/jurusan-sistem-informasi.

Purbowati, D. (2023). Jurusan Sistem Informasi: Bagaimana Kuliah dan Prospek Kerjanya?. https://akupintar.id/info pintar/-/blogs/jurusan-sistem-informasi-bagaimana-kuliah-dan-prospek-kerjanya.

Puspitasari, A. (2022). Jurusan Sistem Informasi: Mata Kuliah, Prospek Kerja & Daftar Kampus. https://www.ruangguru.com/blog/jurusan-sistem-informasi