Tips Produktif dengan Metode 8-8-8

Sumber gambar: Canva

Oleh: Yunita Maharani - Penerima BESTARI Batch 2, Sulawesi Barat


Hai SahabatKK, apakah kamu sering merasa bahwa waktu 24 jam itu tidak cukup? Apakah kamu sering merasa bahwa masih banyak hal yang ingin dilakukan namun terbatas oleh 24 jam tersebut? Jadinya, kamu sering merasa tidak optimal dalam belajar, bersosialisasi dengan keluarga atau teman, dan bahkan tidurpun tidak optimal.

Untuk kamu yang butuh tips untuk mengefisienkan waktu dan ingin membuat harimu menjadi lebih produktif, tenang saja karena ada cara yang dapat membantu kamu agar selalu produktif setiap harinya.

Metode 8+8+8

Metode 8+8+8 adalah metode yang dapat membantu kamu  mengatur waktu dengan baik. Jadi dalam 24 jam waktu yang kamu miliki, dibagi menjadi 3 yaitu; 8 jam untuk belajar atau bekerja, 8 jam untuk kegiatan personal (hobi, rekreasi, bersosialisasi dengan keluarga/teman), dan 8 jam untuk tidur.

Manfaat dari menerapkan metode 8+8+8 adalah:


8 jam pertama – Bekerja keras

Untuk SahabatKK yang saat ini masih mengenyam pendidikan, kamu bisa mengalokasikan 8 jam pertama setiap harinya untuk belajar bersungguh-sungguh. Jadi pada 8 jam pertama tersebut kamu sebaiknya fokus mengerjakan hal-hal yang menjadi prioritas kamu pada hari itu dan menyelesaikan semua tugas dengan baik. Untuk memudahkan kamu mengidentifikasi hal-hal apa saja yang menjadi prioritas, kamu bisa menuliskannya dalam daftar kegiatan yang harus dilakukan atau to-do list agar tidak ada yang terlewatkan.

8 jam kedua – Kegiatan personal

Kamu dapat menggunakan 8 jam kedua untuk meningkatkan kualitas diri dan kepribadianmu. Pada waktu 8 jam kedua ini kamu dapat mengoptimalkan waktumu dalam melakukan hobi yang menyenangkan, beribadah, jalan-jalan, berolahraga, bercengkrama dengan keluarga atau teman. Gunakan setiap waktumu untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat pula seperti membaca buku atau mendengarkan podcast yang kontennya positif.

8 jam ketiga – Istirahat 

Pada waktu 8 jam ketiga ini, SahabatKK dapat menggunakannya untuk beristirahat, seperti tidur yang optimal agar hari berikutnya kamu dapat tetap semangat menjalani hari-hari berikutnya. Tidur yang cukup sangat baik untuk kesehatan tubuhmu. Kamu dapat menghitung waktu tidurmu setiap harinya, misal jika kamu harus bangun jam 5 pagi, maka seharusnya kamu sudah tidur jam 9 malam. 

Gimana SahabatKK? Semoga bermanfaat dapat membantumu agar selalu produktif setiap harinya ya!


Sumber

Fomo Indonesia. (n.d.). Work-Life Balance 24:3 = 8 jam. Fomo Indonesia. https://fomo.id/680/ 

Study & Tips. (2023). Productivity Hacks Metode 8/8/8. Lemon8. https://www.lemon8-app.com/galaxybyu/7249900754738184706?region=id 

Alimuddin, F. (2023). Meningkatkan Produktivitas dengan Metode 8+8+8. Seperti Kupukupu. https://www.sepertikupukupu.com/2023/08/meningkatkan-produktivitas-dengan.html 

Profil Penulis

Yunita Maharani adalah penerima Beasiswa BESTARI Batch 1 asal Sulawesi Barat. Saat ini, Yunita sedang berkuliah di Universitas Sulawesi Barat, jurusan Pendidikan Matematika, dan aktif di sebuah organisasi bernama 'Rumah Baca'. Di sana, Yunita mengajar anak-anak SD yang belum bisa membaca dan membantu mereka dalam memahami materi pelajaran. Perempuan yang hobi membaca dan menonton film ini bercita-cita menjadi guru, sesuai dengan jurusan kuliah dan organisasi yang ia ikuti.

SahabatKK bisa terhubung dengan Yunita melalui Instagram @ynitaam