Kilas Balik NGOCEH #10: Sukses Persiapan SNBT, Pasti Bisa!


SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) 2024 sudah tinggal hitungan hari. Untuk SahabatKK yang akan mengikuti tes tersebut, gimana persiapannya? 


Untuk menambah insight bermanfaat yang bisa memperlancar persiapan kamu, yuk simak obrolan dan pengalaman dari Adinda Putri Sarah Wibowo, mahasiswi Universitas Sebelas Maret jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian yang juga penerima Beasiswa Bakti Tani 2022 dan ditemani oleh Farhana Cahya Amalina Widagdo, mahasiswi Universitas Tanjungpura jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia serta penerima Beasiswa BESTARI Batch 1 dalam program NGOCEH #10: ‘Sukses Persiapan SNBT, Pasti Bisa!’


Sebelum membahas sharing dari Adinda, ada hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang SNBT 2024 terlebih dahulu nih SahabatKK:


Adinda sendiri mulai mempersiapkan tes masuk Perguruan Tinggi Negeri sejak masuk SMA. Bukan hanya itu, ia juga sudah menentukan jalur tes masuk dan jurusan kuliah yang diinginkan. Meski pernah mengalami rasa cemas berlebihan akan masa depan dan kepergian sang ayah saat persiapan SNBT, perhatian Adinda tetap terkonsentrasi di tes masuk perguruan tinggi. Sesuai dengan quotes dari Atticus Aristotle yang memotivasi Adinda, “bahwa kesuksesan itu mudah diraih ketika kamu memfokuskan pikiran ke sebuah tujuan yang spesifik”.


Bagi SahabatKK yang sudah kelas 12, tidak perlu khawatir atau merasa terlambat karena ada beberapa tips seputar persiapan SNBT dari Adinda yang bisa kamu simpan dan terapkan:


Gunakan sisa-sisa hari menuju SNBT untuk mempersiapkan diri dengan baik. Kehidupan yang kamu jalani adalah yang sedang kamu jalani detik ini, bukan di masa lalu ataupun masa depan. Jadi fokuskan pikiran dan tindakanmu dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, tinggalkan penyesalan akan masa lalu dan kekhawatiran akan masa depan.


Kamu tidak perlu merasa takut tidak memilih jurusan yang katanya paling mudah, katanya paling sedikit peminat, atau katanya prospek kerjanya bisa bergaji tinggi. Berkuliah sama dengan berkomitmen dengan studimu selama 3,5 - 4 tahun, ikuti kata hati dan kemampuanmu supaya bisa semakin yakin melangkah.


Berhenti di keminderan (contoh: minder tidak bisa mengikuti bimbel SNBT karena terhalang biaya) dan kebiasaan buruk sama dengan berada di zona nyaman lho, SahabatKK. Manusia adalah makhluk yang dinamis, artinya kita juga bisa bergerak bangkit dari rasa tidak percaya diri dan kebiasaan yang menghambat kemajuan kita dengan menanamkan rasa percaya diri ke pikiran kita.


Terkadang belajar dipahami sebagai kegiatan membaca buku materi saja. Tapi supaya materi tersebut semakin melekat di pikiran, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Latihan soal akan membuat kamu semakin familiar dengan jenis-jenis soal yang akan diujikan sambil melatih diri dalam menjawab soal. Sedangkan dengan menonton video materi (contoh: bahas soal), kamu bisa ikut berpikir untuk memecahkan soal sambil menunggu jawaban yang benar.


Bukan cuma itu, ada masih lebih banyak lagi tips dari Adinda seperti tips belajar, tips berdasarkan jenis soal, dan rekomendasi channel Youtube yang dapat membantu kamu dalam belajar SNBT yang bisa kamu saksikan dalam rekaman NGOCEH #10 di Youtube Yayasan Khouw Kalbe: