Ini Dia Sederet Manfaat Kuliah Dengan Beasiswa, Bukan Cuma Biaya Kuliah Yang Gratis!

Gambar: Canva


Bisa melanjutkan pendidikan hingga jenjang sarjana menjadi impian bagi banyak orang. Apalagi, saat ini begitu banyak lembaga, perusahaan, hingga institusi yang menyediakan beasiswa untuk tingkat S1 bahkan S3. Juga beasiswa untuk berkuliah di dalam maupun luar negeri.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) beasiswa merupakan tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar. Sederhananya, kamu bisa melanjutkan pendidikan tanpa harus memikirkan biaya karena sudah ditanggung oleh pihak pemberi beasiswa. Bantuan biaya yang diberikan pun bervariasi. Ada yang memberikannya secara parsial atau setengah dan ada juga yang memberikannya secara penuh atau 100%.


Bukan hanya bisa berkuliah secara gratis karena biayanya telah ditanggung oleh pemberi beasiswa, ternyata ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari adanya beasiswa loh. Yuk, kita bahas!


Keringanan Biaya Kuliah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada pemberi beasiswa yang menanggung biaya kuliah secara parsial atau setengah dan ada juga yang menanggung biaya kuliah secara penuh atau 100%. Dengan mendapatkan beasiswa, kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya kuliah yang harus kamu keluarkan setiap semesternya dan bisa fokus untuk belajar serta meningkatkan keterampilan selama berkuliah.


Mendapatkan Uang Saku

Beberapa pemberi beasiswa terkadang tidak hanya menanggung biaya kuliah sang penerima tapi juga memberikan uang saku untuk menunjang biaya hidup. Uang saku ini tentu saja sangat bermanfaat apalagi bagi mahasiswa yang kuliahnya merantau.


Mengasah Kemampuan Softskill

Beberapa pemberi beasiswa biasanya mewajibkan para penerima beasiswa untuk aktif mengikuti organisasi selama berkuliah, membuat suatu karya ilmiah dan non ilmiah, juga aktif mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh pemberi beasiswa dimana kamu akan diminta untuk menjadi salah satu pengisi acara, atau yang lainnya.

Hal ini sangat membantu kamu untuk mengasah berbagai keterampilan softskill yang sangat bermanfaat ketika kamu bekerja nantinya.


Memperluas Jaringan Pertemanan

Ketika kamu terdaftar sebagai penerima beasiswa, kamu akan berkenalan dengan para penerima beasiswa lainnya dan menghadiri berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh pemberi beasiswa. Ini akan jadi kesempatan yang baik untuk memperluas jaringan pertemanan.


Menjadi Motivasi Untuk Terus Belajar

Salah satu persyaratan yang diberikan oleh pemberi beasiswa adalah adanya batasan Indeks Prestasi (IP) yang harus dicapai setiap semesternya. Ada yang memberikan persyaratan minimal IP setiap semester adalah 3,20 hingga 3,50. Jika setiap semesternya tidak sesuai dengan ketentuan batas IP yang ada biasanya beasiswa akan dicabut.

Dengan adanya batasan tersebut, membuat semangat belajar semakin meningkat karena terpacu untuk terus mempertahankan IP setiap semester.


Itu dia beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh penerima beasiswa. Sangat menarik bukan?


Salah satu pemberi beasiswa yang menyediakan beasiswa 100% adalah Yayasan Khouw Kalbe dengan program Beasiswa Untuk Anak Perempuan Indonesia (BESTARI) yang menyasar anak-anak perempuan, terutama mereka yang merupakan korban kekerasan dan rentan menjadi korban perkawinan anak, agar menjadi generasi teladan dan unggul serta menjadi panutan bagi komunitas mereka.


Beasiswa yang diberikan dari program BESTARI ini untuk jenjang pendidikan D3, D4, dan S1 dengan cakupan bidang studi Agrikultur, Kesehatan, Teknik, Ilmu Sosial dan Politik, Matematika dan Pengetahuan Alam, Peternakan dan Perikanan, Pariwisata, Komputer, Hukum, Linguistik dan Pendidikan, serta Ekonomi dan Bisnis.


Para peraih beasiswa BESTARI akan mendapat bantuan dana pendidikan yang meliputi UKT/SPP, Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), dan juga Biaya Penelitian untuk tahun terakhir. Selain itu, ada juga pelatihan capacity building (pengembangan kapasitas) untuk menambah wawasan dan pengembangan diri menjadi pribadi yang berdaya dan vokal dalam menyuarakan isu-isu perempuan.


Adapun syarat untuk mendaftar beasiswa ini adalah:

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa membaca Buku Panduan BESTARI Batch 2 di bit.ly/PanduanBESTARI2023-Batch2


Segera daftarkan diri kamu di bit.ly/DaftarBESTARI-Batch2 karena pendaftaran beasiswa hanya dibuka sampai 31 Oktober 2023. Follow Instagram @yayasankhouwkalbe supaya kamu tidak ketinggalan info mengenai beasiswa BESTARI dan program-program Yayasan Khouw Kalbe lainnya.


Semoga bermanfaat!


#YayasanKhouwKalbe #BeasiswaPendidikan #BeasiswaPerempuan #PerempuanBerdaya

#BeasiswaDJITU #InfoBeasiswa


Sumber:

www.quipper.com