Wawancara Beasiswa BESTARI Batch 2, Apa Saja yang Perlu Disiapkan Ya?

Sumber gambar: Canva

Seleksi berkas dan akademik sudah dilalui, sekarang tinggal selangkah lagi menuju salah 1 penerima beasiswa BESTARI Batch 2, Tes Wawancara. Di tahap terakhir yang menentukan apakah kamu akan menjadi salah satu dari 150 penerima beasiswa, persiapan harus dilakukan dengan matang dan tidak tergesa-gesa. Nah sambil menunggu hari H wawancara, ada tips-tips yang bisa kamu baca (spesial dari Tim Yayasan Khouw Kalbe) untuk membantu kamu lebih siap untuk wawancara:

Sebelum Wawancara

Tim Rekrutmen tidak akan menginformasikan tanggal wawancara secara dadakan. Kamu akan dikabari melalui email dan Whatsapp, lalu kamu akan mengkonfirmasi ketersediaan untuk tanggal yang diberikan. Sesuaikan juga zona waktu dari jadwal yang diberikan dan di tempat kamu tinggal. Usahakan kamu sudah siap 15-30 menit sebelum waktu yang diberikan, jangan sampai kamu terlambat supaya tidak mengganggu kelancaran proses wawancara.

‘Segarkan’ lagi pikiranmu dengan bacaan-bacaan yang sehubungan dengan tujuan dan latar belakang program BESTARI. Kamu bisa mengikuti berita tentang isu-isu sosial yang berhubungan dengan BESTARI. Selain itu, pelajari lagi lebih banyak mengenai jurusan kuliah yang akan/sedang kamu ambil. Pewawancara ingin mengetahui wawasan kamu mengenai topik-topik ini, maka itu kamu sebaiknya sudah memiliki pengetahuan yang kuat.

Terkadang, tanpa sadar kita sering melakukan gestur-gestur yang tidak perlu seperti menggoyangkan kepala atau menggerakkan badan ke kiri dan kanan. Dengan latihan berbicara di depan kaca, kamu bisa menilai gestur tubuh dan ekspresi sendiri.

Selain itu kamu juga bisa latihan eye contact dengan berpandangan dengan diri sendiri, yang tidak segugup langsung berhadapan dengan orang lain, bagi yang belum terbiasa. 

Persiapan untuk Hari H Wawancara

Kamu bisa menenangkan diri dengan latihan pernafasan (menarik dan menghembuskan nafas perlahan) atau mengucapkan kalimat-kalimat afirmasi positif supaya mengurangi rasa tegang. Jadilah dirimu sendiri saat menjawab karena tes wawancara BESTARI adalah penggalian pengetahuan, pribadi, dan potensi akademik serta non-akademik yang kamu miliki. Ada tips tambahan, kamu bisa memberikan contoh pengalaman sendiri untuk membuat jawaban kamu lebih lengkap nih SahabatKK.

Jawablah pertanyaan yang diberikan sesuai dengan kemampuan serta pengalaman yang kamu miliki. Sesuai dengan poin di atas bahwa tujuan wawancara adalah untuk mengetahui diri peserta wawancara dan kemampuannya lebih dalam, maka sebaiknya kamu tidak menghafalkan atau membaca naskah saat wawancara berlangsung. Selain itu, peserta wawancara diharapkan menjawab dengan mandiri sehingga pastikan kamu tidak dibantu orang lain saat menjawab.

Selain isi jawaban, para pewawancara juga menilai etika partisipan wawancara. Oleh karena itu, jawab setiap pertanyaan yang diberikan dengan bahasa serta gestur tubuh yang santun. Meskipun santai, tapi bukan berarti seperti sedang ngobrol dengan teman saat main bareng ya, SahabatKK. Etika bukan hanya sekadar cara bertindak saja, namun juga cara kita menampilkan diri. Tunjukkan rasa menghargaimu dengan datang ke wawancara dengan pakaian yang rapi & sopan.


***


Semoga tips-tips di atas bisa membuat kamu lebih siap untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan saat wawancara beasiswa BESTARI Batch 2! Semangat dan semoga sukses :)