Hasil Cek Plagiarisme Kamu Masih Tinggi? Pelajari Tips 

Dasar dalam Mengutip Ini Yuk!


Sumber gambar: Canva


Tugas, karya ilmiah, dan skripsi bertujuan untuk melihat gagasan dan ide dari seorang pelajar atau mahasiswa, maka itu tindakan plagiarisme atau menjiplak harus dihindari supaya memastikan apa yang ditulis asli dari pemikiran. Lalu, apabila kita mau memasukkan fakta atau definisi untuk mendukung serta memperkuat argumen, bagaimana ya caranya supaya tidak terhitung plagiat? Cari tahu di artikel ini yuk supaya bisa membantu menurunkan skor plagiasi kamu!


Parafrase adalah tindakan menulis ulang dari ide/gagasan yang kamu dapat dari bacaan. Pastikan kamu tidak mengubah makna asli kalimat serta membaca lagi kalimat yang telah ditulis ulang supaya pesan yang diinginkan bisa disampaikan. Meskipun kalimatnya sudah kamu ubah, kamu tetap harus tuliskan sumbernya ya.

Ada beberapa cara parafrase yang bisa kamu gunakan dan kombinasikan nih, SahabatKK:

Contoh: Ibu mengupas mangga → Mangga dikupas ibu

Contoh: Perayaan 17 Agustus di komplekku sangat seru → Perayaan HUT RI di komplekku sangat asyik

Contoh: Pada hari Minggu ku turut Ayah ke kota → Aku menemani Ayah di hari Minggu untuk pergi ke kota


2. Mengutip langsung

Menurut Siti Badriyah via Gramedia.com, pengutipan langsung memiliki 2 metode;

Kutipan pendek digunakan untuk mengutip informasi yang kurang dari 40 kata dan jumlah baris tidak mencapai 3 baris. Jenis kutipan ini diawali dengan tanda petik (“).

Sedangkan, kutipan panjang digunakan untuk informasi yang mengandung lebih dari 40 kata dan 3 baris. Kutipan ini ditulis di paragraf baru, dimana teks akan ditulis menjorok ke dalam dan spasi di informasi yang dikutip harus dibuat dengan spasi tunggal.

Bagaimana SahabatKK? Semoga bermanfaat, terutama untuk mahasiswa tahun terakhir yang lagi pusing cari cara menurunkan skor plagiasi saat cek plagiarisme 😂

Sumber:

Badriyah, S. (2023). Cara Menulis Kutipan Langsung dan Tidak Langsung Beserta Contohnya. Gramedia Literasi. https://www.gramedia.com/literasi/cara-menulis-kutipan-langsung-dan-tidak-langsung/