Kenalan dengan Rumus SMART untuk Membantu Perencanaan Kamu

Sumber gambar: Canva

Tahun baru biasanya erat dengan aktivitas menyusun resolusi untuk dilakukan di tahun tersebut. Biasanya berupa kebiasaan baru, keinginan untuk mendapat sesuatu, atau menghilangkan kebiasaan lama yang buruk. Tapi dalam praktiknya, banyak orang yang hanya berapi-api di awal lalu berhenti di tengah jalan. Entah karena bosan, kelelahan, kewalahan dengan rutinitas lain, atau motivasi yang semakin surut.

Tenang saja SahabatKK, karena ada rumus yang bisa membantu kamu supaya resolusi tidak cuma jadi wacana semata,

SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time Bound)

Contohnya, kamu ingin jadi lebih bugar di tahun 2024, maka pengaplikasian rumus SMART ke resolusi tersebut akan seperti ini:

Specific (Spesifik)

Jangan berhenti di ‘ingin lebih sehat' aja. Coba kembangkan lagi lebih detail dengan mengurai apa saja tindakan yang kamu bisa lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Kalau ingin jadi lebih sehat, maka kamu harus rutin berolahraga.

Measurable (Terukur)

Tujuan harus dapat terukur dengan angka supaya memudahkan kamu dalam melihat progress pencapaian, untuk memastikan bahwa tujuan kamu tercapai. Dalam kasus ini, kamu bisa menargetkan; dalam 3 bulan pertama, kamu bisa berolahraga selama 30 menit dan seminggu tiga kali.

Achievable (Bisa dicapai)

Ambisius dalam meraih tujuan itu boleh, tapi jangan sampai kamu jadi keteteran dalam proses mewujudkannya, lalu berakibat gagal di tengah jalan. Kalau kamu masih pemula, jangan langsung memulai perjalanan kamu dengan olahraga angkat beban lebih dari 5kg, apalagi tanpa pengawasan orang lain. Coba dimulai dari olahraga ringan tanpa alat dulu.

Realistic (Realistik)

Mirip dengan poin sebelumnya, buat rencana yang relevan dengan kondisi kamu. Karena belum terbiasa olahraga, langsung buat rencana untuk olahraga 1 jam, 5 kali seminggu rasanya kurang sesuai. Coba mulai dari olahraga 3 kali seminggu, selama 15-30 menit.

Time-bound (Terikat dengan waktu)

Bukan cuma tugas, rencana kamu harus ada deadline-nya juga supaya ada rasa urgensinya. Dalam kasus ini, kamu bisa memperpendek jangka waktunya ke 3 bulan pertama di 2024 dulu, jadinya kamu akan coba rutin olahraga ringan 15-30 menit 3 kali seminggu selama 3 bulan tersebut. Selanjutnya, kamu tinggal melanjutkan dan resolusi kamu bisa ‘naik level’ seiring berjalannya waktu. Bisa saja setelah periode 3 bulan tersebut, kamu sudah bisa olahraga 5 kali seminggu.

Gimana SahabatKK? Semoga dapat bermanfaat untuk kamu dalam menyusun resolusi 2024!