Tips Tes Akademik BESTARI Batch 2


Selamat untuk SahabatKK yang sudah melewati seleksi administrasi, tahap pertama dari beasiswa BESTARI Batch 2! Sekarang berarti Tes Akademik sudah di depan mata, sudah seberapa siapkah kamu? Ada beberapa tips nih yang bisa membantu kamu dalam persiapan dan pengerjaan Tes Akademik nanti, cari tahu yuk di post ini!


Sesuai Buku Panduan BESTARI Batch 2, soal yang akan keluar di akan berkisar di bidang numerikal (angka), bahasa (Indonesia & Inggris), dan pengetahuan umum. Kamu bisa mencari soal-soal dasar tentang 3 bidang tersebut di Internet, kamu juga bisa buka-buka buku pelajaran sekolah. Hitung-hitung refreshing otak :>


Nilai berkurang hanya karena kesalahan kecil rasanya pasti nyesek banget. Untuk menghindari kejadian seperti ini, kamu bisa baca soal dua kali dengan seksama untuk memastikan tidak ada yang kamu lewatkan. Perhatikan juga kata-kata seperti ‘kecuali’ dan ‘yang bukan’.


Membuat tulisan akademis seperti esai memerlukan tata bahasa yang sopan, bukan seperti sedang chat dengan teman ya SahabatKK. Hindari penggunaan kata-kata informal dan singkatan untuk kata yang tidak disingkat, seperti contohnya menyingkat kata ‘dengan’ menjadi ‘dgn’. Kamu bisa mengecek ejaan yang tepat di kamus fisik, maupun KBBI daring.


🤔: “350 kata nulis apa aja ya?”

Seperti kata pepatah, bisa karena biasa. Menulis adalah salah satu keterampilan yang bisa kamu asah dengan menjadikannya sebagai kebiasaan. Semakin kamu sering latihan menulis esai, kamu akan lebih luwes dalam menyusun pemikiran kamu dengan efektif. 


Melalui tes penulisan esai, Tim Rekrutmen ingin melihat opini, logika, serta pengetahuan kamu tentang isu-isu sosial yang berhubungan dengan Beasiswa BESTARI, yakni seputar perempuan dan pendidikan. Coba kenali sekelilingmu dan dirimu sendiri untuk memudahkan kamu menyusun argumen yang ‘kamu banget’.


Bagaimana SahabatKK? Semoga tips-tips ini bisa berguna untuk Tes Akademik kamu kedepannya, semangat dan semoga sukses!