Kilas Balik NGOCEH #8: Insight Menarik dari Mahasiswi Kebidanan


Kamu tertarik dengan jurusan kuliah Kebidanan tapi masih belum yakin? Yuk cari tahu melalui video Instagram live NGOCEH episode #8 “Bedah Kuliah Jurusan Kebidanan”!


Episode ini cukup unik karena narasumbernya adalah Lulusan Terbaik D3 Kebidanan yang lintas jurusan dari Akuntansi. Yuk kenalan dengan Astri Priyanti, lulusan D3 Kebidanan STIKES Sukabumi dan peraih Beasiswa Bina Prenagen 2022 dari Yayasan Khouw Kalbe. Bersama peraih beasiswa BESTARI Batch 1, Indah Sundari, mahasiswi Kebidanan Politeknik Aisyiyah Pontianak, simak beberapa inspirasi untuk kamu yang tertarik kuliah jurusan Kebidanan dari obrolan seru mereka di artikel ini.


Kenapa Memilih Jurusan Kebidanan?

Menurut Astri, peran bidan sangat penting bagi masyarakat, terutama sebagai mitra kesehatan reproduksi perempuan dari remaja, menjadi ibu, sampai lansia. Seperti dengan memberikan asupan yang berkelanjutan ke para ibu dan mengoptimalkan 1000 hari pertama kehidupan anak, mengingat angka stunting yang tinggi pada anak-anak.


Pengalaman Lintas Jurusan

Saat duduk di bangku kelas 2 SMK, Astri ditanya oleh ibu asuhnya (yang merupakan seorang bidan) tentang rencana masa depannya. Apakah ia ingin melanjutkan di bidang Akuntansi atau mau terjun ke bidang Kesehatan. Astri teringat akan cita-cita masa kecilnya untuk menjadi tenaga kesehatan dan mengambil kesempatan tersebut untuk mewujudkannya. Sejak itu, ia mulai mempelajari istilah medis untuk persiapan kuliah.


Tantangan tentu saja ada seperti harus menghadapi pasien dengan baik saat sedang tidak baik-baik saja, tapi Astri berhasil menyelesaikan pendidikan D3-nya dengan menjadi Lulusan Terbaik!


Wah, keren banget, ya! Astri juga membagikan beberapa tips saat masih menjadi mahasiswi D3 Kebidanan:


Bukan cuma itu, tonton obrolan Astri dan Indah lebih lanjut tentang perkuliahan jurusan Kebidanan di channel Youtube Yayasan Khouw Kalbe: