Calon Mahasiswa! Ini Dia 10 Istilah Dalam Dunia Kampus Yang Wajib Kamu Tahu


Gambar: Canva


Hai calon mahasiswa!


Setelah dinyatakan lulus di jurusan dan kampus yang kamu impikan, selamat! Kamu telah memasuki babak baru dan beralih dari siswa menjadi mahasiswa. Memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi kamu akan menemukan banyak sekali istilah-istilah baru yang hanya ada di dunia kampus. Oleh karena itu, sebagai bentuk persiapan sebelum waktu perkuliahan dimulai, yuk kenali 10 istilah ini dahulu agar persiapanmu semakin mantap.


Sewaktu awal masuk SMA, kamu merasakan yang namanya Masa Orientasi Siswa (MOS), ketika kuliah kamu juga akan merasakan hal yang sama yaitu Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK). Untuk waktu pelaksanaannya, Ospek biasanya dilaksanakan selama satu pekan.


Pada momen ini kamu akan diajak untuk mengenal berbagai organisasi yang ada di kampus, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), mengenal lingkungan kampus, melatih mental, hingga kesempatan berkenalan dengan teman baru karena biasanya mahasiswa baru akan dibentuk menjadi kelompok.


Satuan Kredit Semester (SKS) adalah beban studi atau bobot setiap mata kuliah. Biasanya semakin berat dan susah suatu mata kuliah, maka akan semakin banyak pula jumlah SKS nya. Maka dari itu, jangan heran jika jumlah SKS antar mata kuliah berbeda, mata kuliah A memiliki 4 SKS, sedangkan mata kuliah B memiliki 2 SKS.


Diawal kuliah, kamu akan diberitahu berapa SKS yang harus diselesaikan hingga semester akhir. Misalnya, dalam masa studi 4 tahun SKS yang harus kamu selesaikan adalah 145 SKS. Nah, 145 SKS ini akan dibagi ke setiap semesternya, misalnya semester 1 SKS yang harus diselesaikan adalah 21, semester 2 SKS yang harus diselesaikan adalah 23. Begitu seterusnya hingga sampai akhir semester jumlah SKS yang harus diselesaikan agar kamu bisa lulus bisa terpenuhi. Ketika diawal semester mengurus Kartu Rencana Studi (KRS), biasanya sudah ada ketentuan dalam semester tersebut kamu harus menyelesaikan berapa SKS. 



Setelah menyelesaikan masa OSPEK, kamu telah resmi menjadi mahasiswa. Nah, pada saat ini kamu akan mengurus Kartu Rencana Studi (KRS). KRS ini berisi jumlah mata kuliah yang akan kamu ambil dalam satu semester beserta SKS masing-masing mata kuliah dan nama-nama dosen yang mengajar mata kuliah tersebut. KRS diurus oleh mahasiswa setiap awal semester. Banyaknya mata kuliah yang bisa diambil biasanya menyesuaikan dengan ketentuan masing-masing kampus. 


Dosen Pembimbing Akademik posisinya sama seperti wali kelas di sekolah.


Digunakan sebagai tanda pengenal bahwa kamu adalah mahasiswa aktif di kampus tersebut. Fungsinya kurang lebih sama seperti kartu pelajar yang kamu dapatkan ketika sekolah.


IP merupakan nilai akhir dari setiap semester setelah menyelesaikan Ujian Akhir Semester (UAS). sedangkan IPK merupakan hasil akhir dari penggabungan nilai semester pertama sampai semester akhir. Jenjang nilainya dari 1.00 - 4.00.


Masa pembelajaran yang berlangsung ketika liburan diantara semester ganjil atau genap. Kebijakan semester pendek setiap kampus biasanya berbeda-beda. Ada yang digunakan untuk mengulang mata kuliah yang IP nya kurang memuaskan, ada juga yang menggunakannya untuk melakukan akselerasi.


NIM adalah nomor yang berfungsi sebagai identitas mahasiswa selama berkuliah.


Lembaran yang berisi nilai yang berhasil kamu peroleh dari setiap mata kuliah selama satu semester. KHS mirip seperti raport sekolah.


Sejumlah uang yang harus kamu bayarkan setiap kali pergantian semester. Di sekolah, ini mirip dengan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Bedanya, SPP dibayarkan sebulan sekali, sedangkan UKT dibayarkan 6 bulan sekali.


Menjadi mahasiswa baru memang membutuhkan banyak persiapan. Salah satunya adalah persiapan mengenal istilah-istilah dalam dunia kampus yang pastinya sangat berbeda dengan masa sekolah. Dengan mengetahui 10 istilah di atas, semoga kamu semakin siap menghadapi kehidupan kampus. Semoga bermanfaat!


#YayasanKhouwKalbe #BeasiswaPendidikan #BeasiswaPerempuan #PerempuanBerdaya #BeasiswaDJITU