Perbedaan Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, dan Politeknik. 

Calon Mahasiswa Wajib Tahu!


Menjelang akhir tahun sebagai pergantian semester, seorang siswa SMA tahun terakhir biasanya sudah mulai mencari-cari informasi tentang perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikannya. Ingin berkuliah di jurusan apa, cara masuknya bagaimana, hingga pilihan Universitas yang ada. Berbicara soal perguruan tinggi, ternyata bukan hanya Universitas yang bisa kamu pilih untuk meraih gelar sarjana. Tapi ada juga yang namanya Sekolah Tinggi, Institut, dan Politeknik. Yuk, kita bahas satu-persatu!


Kalau melihat Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 59, Perguruan Tinggi dibagi ke dalam enam kategori:

Berdasarkan Undang-Undang No. 12 Tahun 2012, Universitas mempunyai sektor pendidikan yang lebih luas, mencakup ilmu eksak dan ilmu sosial. Oleh karena itu, fakultas dan jurusan yang tersedia pun lebih beragam. Untuk pembagiannya, di Indonesia dan berbagai negara lain pada umumnya menyediakan Universitas Negeri dan Universitas Swasta.


Beberapa Universitas Negeri di Indonesia yang menyediakan banyak fakultas adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk Universitas Swasta di Indonesia ada Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara, Universitas Telkom, Universitas Teknologi Sumbawa, dan lain sebagainya.


Selain menyediakan pendidikan tinggi bagi mahasiswa S1, kamu juga bisa melanjutkan pendidikan S2 untuk meraih gelar Magister dan S3 untuk meraih gelar Doktor.


Institut merupakan perguruan tinggi dengan bidang ilmu yang lebih spesifik. (Undang-Undang No. 12 Tahun 2012). Kalau Universitas menyediakan banyak fakultas dan jurusan, Institut hanya menyediakan satu atau beberapa fakultas yang jurusannya terkait dengan fakultas tersebut.


Institut sangat cocok jika kamu menyukai satu bidang tertentu dan ingin memperdalam bidang tersebut. Sebagai contoh, jika kamu sangat menyukai seni, kamu bisa mendaftar di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta atau Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Jika kamu menyukai bidang ilmu alam dan eksak, kamu bisa mendaftar ke Institut Teknologi Bandung (ITB).


Hampir sama dengan Institut, Sekolah Tinggi hanya menyediakan satu fakultas dengan beberapa jurusan yang terkait dengan fakultas tersebut. Jika kamu menyukai bidang ilmu akuntansi, kamu bisa mendaftar di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Atau jika kamu menyukai bidang ilmu statistika kamu bisa mendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS).


Berbeda dengan tiga jenis pendidikan tinggi sebelumnya, Politeknik berdasarkan Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 hanya menyelenggarakan pendidikan dengan sistem vokasi, yaitu program pendidikan di perguruan tinggi yang mendidik tenaga profesional dengan keahlian dan keterampilan sesuai dengan bidangnya agar siap bekerja dan bersaing dalam skala global.


Secara sederhana, Politeknik lebih mengutamakan pendidikan secara praktik dibandingkan hanya sekedar teori. Sehingga harapannya lulusannya nanti siap masuk dunia kerja. Beberapa Politeknik di Indonesia ada Politeknik Katolik Saint Paul Sorong, Politeknik Negeri Manado, Politeknik Negeri Ujung Pandang, dan lain sebagainya.


Akademi hanya menyediakan satu bidang pendidikan vokasi untuk melahirkan tenaga profesional yang bisa langsung terjun bekerja di masyarakat. Contohnya seperti Akademi Militer Republik Indonesia (Akmil), Akademi Kepolisian Republik Indonesia (Akpol), dan lain sebagainya. Lulusannya akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan atau Diploma 4 (D4) yang setara dengan Strata 1 (S1).


Sedangkan, Akademi Komunitas sendiri merupakan pendidikan vokasi yang lulusannya akan mendapatkan gelar Diploma 1 (D1) atau Diploma 2 (D2). Beberapa contoh Akademi Komunitas di Indonesia ada Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia, Akademi Komunitas Negeri Pacitan, dan lain sebagainya.


Nah, itu dia beberapa jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Sebagai referensi, pastikan kamu memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan minatmu, pilih yang mampu menunjang penelitian, hingga pembelajaranmu nantinya. Semoga bermanfaat!


#YayasanKhouwKalbe #BeasiswaPendidikan #BeasiswaPerempuan #PerempuanBerdaya

#BeasiswaDJITU #BeasiswaBESTARI


Sumber:

peraturan.bpk.go.id