Kilas Balik BESTARI Batch 1


Tanggal 14 November 2023 kemarin, pendaftaran BESTARI Batch 2 sudah ditutup. Apakah SahabatKK sudah ada yang tidak sabar untuk menunggu hasil seleksi administratif? Daripada cemas-cemas, MinKK mau mengajak SahabatKK untuk jalan-jalan ke masa lalu nih, ke BESTARI Batch 1! 


BESTARI (Beasiswa Untuk Anak Perempuan Indonesia) adalah sebuah beasiswa pendidikan besutan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yayasan Khouw Kalbe, dan UNFPA Indonesia. Tujuan dari program ini adalah pemerataan akses ke perguruan tinggi serta menciptakan generasi perempuan yang unggul, berwawasan luas, berbudi pekerti, dan bisa menjadi teladan dalam menyuarakan isu-isu perempuan ke komunitasnya. Secara khusus, program ini menyasar anak-anak perempuan korban kekerasan dan yang rentan menjadi korban perkawinan anak.


Pendaftaran dibuka dari tanggal 1-20 Mei 2023 dan berhasil mendapatkan 4,446 pendaftar untuk BESTARI Batch 1. Setelah melakukan seleksi administrasi, calon penerima beasiswa diperkecil menjadi 2,206. Lalu Tes Potensi Akademik pada 10 Juni 2023 diikuti oleh 1,561 peserta dan sebanyak 913 lulus seleksi TPA. Untuk mengenal pemikiran dan gagasan para calon penerima beasiswa lebih lanjut, diadakan Tes Penulisan Esai dan 315 dari 839 peserta dinyatakan lulus Tahap Esai.


Tahap akhir dari rangkaian seleksi program BESTARI adalah Wawancara yang telah diadakan secara bertahap pada tanggal 24 Juni - 16 Juli 2023 secara daring dan luring (di Nusa Tenggara Barat), dengan 121 dari 315 peserta yang lulus seleksi Wawancara.


Akhirnya, beasiswa BESTARI Batch 1 resmi berjalan dengan 112 perempuan usia 18-25 tahun dari 20 provinsi di Indonesia, yang berkuliah di 55 institusi. Sesi orientasi dilakukan sebagai pembuka dari berjalannya program beasiswa ini pada Sabtu, 26 Agustus 2023 melalui Zoom dengan menghadirkan Ibu Irawati Setiady (Chairwoman Yayasan Khouw Kalbe) dan Ibu Anjali Sen (Country Representative UNFPA Indonesia), serta ada juga Keynote Speech yang disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ibu I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si. Selamat kepada SahabatKK peraih beasiswa BESTARI Batch 1!