Kamu Hobi Jalan-Jalan? Yuk, Kuliah Jurusan Pariwisata

Gambar: Canva


“Pengen deh, kuliah yang peluang kerjanya ngga melulu kerja di kantoran…”

Kamu pernah berpikiran seperti ini? Salah satu jawabannya adalah kuliah di Jurusan Pariwisata. Jika kamu penyuka jalan-jalan yang terampil berkomunikasi, mampu bernegosiasi, supel, seorang yang observan, hingga senang melakukan riset, berkuliah di jurusan ini akan sangat cocok untukmu. Nah, biar semakin paham dengan jurusan Pariwisata, yuk kita bahas tuntas!


Tentang Jurusan Pariwisata

Seperti namanya, di jurusan ini kamu akan mempelajari seluk beluk dunia pariwisata. Mulai dari perhotelan, manajemen destinasi wisata, tour and travel, hingga bahasa asing. Ketika kamu mulai memasuki dunia kerja di bidang ini, sangat besar kemungkinannya kamu akan bertemu dengan banyak wisatawan luar negeri yang berwisata ke Indonesia dan berinteraksi dengan mereka untuk mengenalkan pariwisata Indonesia ke mata dunia. Bahkan, kamu juga bisa memperluas jaringan pariwisatamu hingga luar negeri dengan menguasai bahasa asing sebagai media komunikasi.


Selain itu, kamu juga akan mempelajari ekonomi pariwisata untuk melihat dampak sebuah destinasi wisata terhadap pertumbuhan ekonomi, baik secara mikro maupun makro. Masih berhubungan dengan angka, di jurusan ini kamu juga akan mempelajari tentang Statistik Pariwisata untuk menghitung jumlah wisatawan yang datang ke suatu destinasi wisata dan mempelajari demografi atau kebiasaan yang dilakukan oleh para wisatawan. Ini akan sangat berguna jika kamu berminat mengembangkan bisnis pariwisata loh!


Kalau kamu tertarik bekerja di destinasi wisata atau mengembangkan bisnis pariwisata yang menjadikan konservasi alam, pemberdayaan sosial budaya dan ekonomi, serta aspek pendidikan, mata kuliah Ekowisata akan memberikanmu ilmu mengenai hal-hal tersebut.


Peluang Kerja

Saat lulus dari jurusan ini, nantinya kamu akan mendapatkan gelar S.Par atau Sarjana Pariwisata. Bukan hanya bisa kerja sambil jalan-jalan setelah lulus kuliah, terdapat beragam pilihan karir yang bisa kamu ambil dari jurusan ini, yaitu:


Pilihan Universitas

Bagaimana? Sudah semakin yakin untuk memilih jurusan ini setelah mengetahui apa yang dipelajari dan bagaimana peluang kerjanya?

Berikut adalah beberapa rekomendasi kampus yang bisa kamu pilih:


Berkuliah di jurusan pariwisata akan memberikanmu pengalaman yang luas karena bertemu dengan banyak orang, berkeliling ke berbagai destinasi wisata, hingga kesempatan untuk mengembangkan kemampuan kreativitas dan inovasi yang tidak terbatas. Semoga bermanfaat!


#YayasanKhouwKalbe #BeasiswaPendidikan #BeasiswaPerempuan #PerempuanBerdaya

#BeasiswaDJITU #BeasiswaBESTARI #InfoBeasiswa #InfoKuliah


Sumber:

Kuliah Jurusan Pariwisata: Syarat Masuk, Universitas, Prospek Kerja

Mengulik Jurusan Pariwisata, untukmu yang Hobi Jalan-jalan