Mengenal Jurusan Perikanan dan Peluang Kerjanya

Gambar: Canva


Jurusan perikanan itu nanti belajar tentang ikan? Kerjanya berarti jadi nelayan saja?” Pernahkah kamu mendengar tentang jurusan Perikanan?


Sebagai negara yang dijuluki “Negara Maritim”, Indonesia sangat kaya akan hasil ikan dan keindahan lautnya yang menawan. Dari kekayaan alam yang dimiliki ini, sangat sayang kalau tidak dikembangkan padahal memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Nah, salah satu studi lanjutan yang mempelajari tentang laut dan isinya adalah Ilmu Kelautan dan Perikanan.


Kalau ini menjadi kali pertama kamu mendengar tentang jurusan perikanan, yuk simak artikel ini sampai habis karena disini akan dibahas tentang serba-serbi jurusan perikanan dan bagaimana peluang kerja kedepannya!


Apa yang Dipelajari?

Bukan hanya belajar tentang bagaimana cara merawat ikan dan laut, jurusan ini juga mempelajari tentang danau hingga sungai. Pada semester awal, kamu akan mempelajari mata kuliah umum seperti Matematika, Fisika, hingga Manajemen. Baru pada semester 3 atau 4, tergantung dengan kebijakan masing-masing kampus, akan mulai mempelajari tentang perikanan lebih mendalam.


Jurusan Perikanan di beberapa kampus sudah berdiri menjadi satu fakultas sendiri yaitu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari berupa:


Selain belajar tentang teori, jurusan ini juga akan belajar praktek langsung di daerah pesisir. Wah, seru nih, belajar sambil jalan-jalan! Selain mata kuliah yang telah disebutkan di atas, renang dan snorkeling adalah mata kuliah dan praktikum yang ada di jurusan ini. Wah, jadi makin asyik nih!

Lulus dari jurusan ini, nantinya gelar yang akan didapat adalah S.Pi atau Sarjana Perikanan untuk S1 dan A.Md.Pi atau Ahli Madya Perikanan untuk D3.


Kerjanya Jadi Apa?

Meskipun jurusan perikanan di Indonesia yang masih sepi peminat, ternyata peluang kerjanya sangat beragam loh. Apalagi, Indonesia dikelilingi oleh 17.000 pulau yang sumber daya alamnya bisa dimanfaatkan dan dikembangkan dengan ilmu yang telah dipelajari di jurusan perikanan. Sebagai gambaran, berikut beberapa pilihan peluang kerja dari jurusan Perikanan:


Pilihan Universitas

Mata kuliah yang menarik sampai ke kegiatan renang dan snorkeling membuat kamu makin tertarik untuk masuk ke jurusan ini? Berikut beberapa rekomendasi kampus yang bisa kamu jadikan pilihan:


Bagaimana, semakin paham bukan dengan jurusan Perikanan yang bukan hanya mempelajari tentang ikan dan berkarir jadi peternak ikan? 


Semoga bermanfaat!


#YayasanKhouwKalbe #BeasiswaPendidikan #BeasiswaPerempuan #PerempuanBerdaya

#BeasiswaDJITU #BeasiswaBESTARI #infobeasiswa #beasiswapelajar #beasiswamahasiswa #beasiswakuliah



Sumber:

Jurusan Perikanan, Menjanjikan Namun Sedikit Peminat

Jurusan Perikanan